Aku cinta Indonesia

Penerima Beasiswa LPDP Dapat Jatah Rp 2M

Jakarta-Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) sudah 5 tahun memfasilitasi putra/i terbaik bangsa berupa beasiswa magister dan doktor. LPDP memberi beasiswa ke mereka yang lolos seleksi untuk melanjutkan studinya di universitas di dalam dan luar negeri.

Adanya beasiswa LPDP dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas SDM. Sehingga bisa memberikan kontribusi untuk memajukan Indonesia. “Saat yang sama pemerintah serius berinvestasi di bidang SDM” tutur Menkeu Sri Mulyani saat membuka LPDP Edufair 2017 di Gedung Dhanapala Kemenkeu (31/1/17).

Mereka yang lolos dapat beasiswa LPDP akan dapat dua komponen pembiayaan, pertama biaya pendidikan dan kedua biaya pendukung. Biaya pendidikan meliputi pendaftaran, biaya kuliah setiap semester, dan biaya tunjangan buku, tesis / disertasi, publikasi karya ilmiah, hingga wisuda.

Kedua, biaya pendukung yang terdiri dari biaya di luar sektor pendidikan. Biaya yang ditanggung LPDP di luar pendidikan meliputi transportasi termasuk keberangkatan dan kepulangan studi dari daerah asal ke universitas tujuan.

Selain itu, penerima beasiswa atau awardee dapat asuransi kesehatan, biaya visa, biaya hidup bulanan, tunjangan keluarga, hingga insentif peringkat PT unggulan sesuai ketentuan LPDP. Dirut LPDP Kemenkeu Eko Prasetyo menyebut beasiswa magister dalam negeri rata2 Rp 200-300Jt. Program doktor Rp 700-800Jt. Dana itu rata2 diterima awardee sampai studinya selesai.

“Kalau di dalam negeri masing2 sesuai aturan bisa Rp 300 juta, enggak sampai miliar lah. Itu rata-rata, kalau dibilang mulai ada juga yang antara Rp 200-300 jt. Itu untuk (magister) 2 tahun ya,” ujar Eko saat dihubungi detikFinance.

Penerima beasiswa magister di luar negeri bisa dapat beasiswa RP 1M dan doktor Rp 2M. “Di luar (negeri) rata2 Rp 1 miliar untuk dua tahun master. Jadi itu udah semuanya SPP rata2 itu. Kalau doktor hampir menyentuh Rp 2M” ujar Eko. (mkj/mkj; http://detik.id/Vxq6tE)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close