Iptek dan Lingk. Hidup

Sikas Jepang (BT 004)

Ada sekitar 60 species dari genus Cycas, tapi yang paling terkenal adalah Cycas Revoluta yang berasal dari bagian selatan kepulauan Jepang. Sikas yang lain berasal dari Australia, Asia Tenggara, Madagaskar dan Afrika Timur. Sering orang salah kaprah menyebutnya pakis haji, atau penawar jambe.

Tumbuhan ini tahan panas terik, tidak perlu banyak disiram dan bisa dibonsai. Tanaman yang mirip palem ini daunnya menyeruak lebar, rapat dari pucuk bonggolnya. Bagian atas bonggolnya berwarna coklat bagaikan mahkota yang rapat berisi bakal-bakal daun yang berjejer rapi, dengan urutan tumbuh bulai dari sisi paling luar.

Tumbuhan ini sangat lambat tumbuh, seiring dengan tumbuhnya daun. Makin tua makin tinggi dan makin mahal. Karena sangat mahalnya, ada yang merantai atau menyekat pangkal batannya dengan beton agar tidak dicuri orang.

Tumbuhan yang bisa berumur sampai 100 tahun ini, saking indahnya biasa dijadikan “landscape subject” oleh para penata taman. Keterangan gbr.google; (Sadhono Hadi; dari grup WA-BPTg)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close