Iptek dan Lingk. Hidup

Penyakit tanaman langsung ketahuan setelah di jepret foto(1/2)

Mengexplore dan memanfaatkan teknologi, layaknya harus terus ditingkatkan dari pada kita melakukan hal2 tidak produktif. Berikut kemajuan yang dapat kita cuplik dari www.bbc.com :

 

Vijayaraju Parimi dan rekan2nya sibuk berdiskusi dan pandangan mereka tertuju pada telepon seluler  mengarah ke sehelai daun mangga. Dengan tekan tombol kamera, daun mangga itu berhasil diabadikan. Vijayaraju dan rekan2nya berprofesi petani mangga di Negara Bagian Telangana, India, sedang bekerja.

 

Mereka ingin tahu penyakit yang melanda pohon mangga dan ambil foto daun, dikirim ke internet via aplikasi Plantix. “Saya tinggal menjepretfoto itu di ladang, diunggah di Plantix. Lalu  otomatis penyakit tanaman itu ketahuan. Plantix juga menyediakan solusinya,” papar Vijayaraju kepada BBC Indonesia.

 

Kisah serupa diceritakan Voruganti Surendra, petani padi di Distrik Guntur, Negara Bagian Andhra Pradesh. Bersama ratusan petani lain, dia gunakan aplikasi Plantix demi mengetahui jenis penyakit dan mengatasinya. “Ini berguna. Petani memerlukan”.

 

Kebutuhan petani kecil

Ribuan petani di India pakai Plantix disambut gembira pencipta aplikasi ini, yaitu sekumpulan peneliti tanaman dan mahasiswa doktoral di Berlin, Jerman. Bianca Kummer, pendiri Plantix, mengaku aplikasi itu dimaksudkan membantu petani kecil. Ini tercetus ketika 2 pendiri aplikasi berada di Brasil untuk penelitian doktoral.

 

“Ketika di Brasil menguji di lapangan, mereka sadar tidak ada yang menargetkan kebutuhan petani kecil di pedesaan yang kerap bertanya ‘Apakah tanaman saya sehat?” dan “Jika tanaman saya sakit, apa yang harus dilakukan?’ Karena itu aplikasi ini agar bisa mengurangi kerugian tahunan” papar Bianca.

 

Ketika kembali ke Jerman, kedua peneliti itu menghubungi rekan2nya dan sepakat untuk membuat aplikasi Plantix pada ponsel mengingat penggunaan ponsel pintar kini meluas sampai ke kawasan pedesaan sehingga para petani bisa mudah memakainya.

 

Kini, setelah 2 tahun Plantix diciptakan, aplikasi itu bisa mengenali ratusan jenis penyakit, dari virus yang mangga sampai kekurangan nutrisi pada tomat. “Saat ini kami bisa membedakan 240 penyakit tanaman dan di perpustakaan kami tersedia 400 jenis penyakit, cara mengatasinya, dan informasi lain tentang penyakit,” kata Bianca. (Jerome Wirawan)

 

Monggo lengkapnya klik aja :  (http://www.bbc.com/indonesia/majalah-42048672)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close