Wisata dan Kuliner

Kopi dicampur durian yang maknyus

Banyak pebisnis makin moncer dagangannya diantaranya karena inovasi dan menangkap peluang. Tentu kita bisa mencoba seperti dilansir dari travel.kompas.com ini : Berawal ingin menyajikan varian latte berbeda, kedai kopi ini sediakan ragam paduan kopi dengan buah2an.

 

Kedai X Coffee di Tendean, Jakarta Selatan, mengombinasi jus mangga sampai durian ke sajian latte yang manis dan creamy. Rasa khas masing2 buah cukup “nendang”, bercampur rasa kopi yang segar.

“Orang tahunya kreasi latte cuma tiramisu, tapi belum ada yang memanfaatkan buah. Cewek banyak yang suka buah dan latte, jadi kita coba, responnya baik,” ujar Aji, barista senior di X Coffee kepada KompasTravel (19/9/17).

 

X Coffee menggunakan jus buah buatan sendiri. Perbandingan buah dan latte-nya 2 banding 3. Sehingga rasa buah tetap menonjol dalam segelas kopi. “Kopinya espresso based, kita pake blend dari Sumatera Simalungun. Buahnya mangga harum manis, durian medan, kalau pandan apa saja,” ujar Aji yang jadi barista sejak X Coffee pertama berdiri.

 

Buah yang digunakan harus segar. Tidak terlalu lama ditaruh di lemari pendingin, karena memengaruhi kuatnya rasa buah saat dicampur kopi. Untuk menyiasati rasa buah yang kuat seperti durian, Aji mengkombinasi espresso dengan susu segar serta susu kental manis agar lebih creamy dan menghaluskan kuatnya espresso.

 

KompasTravel sempat mencoba kopi durian, kopi mangga, dan kopi pandan saat berkunjung ke kedai X Coffee. Saat diseruput, rasa buah begitu nendang, tidak seperti kopi dengan serbuk aneka rasa. Mango Latte memiliki rasa termanis, ada sensasi asam mangga yang segar.

 

Coco Pandan Latte berkesan tradisonal dengan sentuhan rasa cokelat bercampur pandan. Rasa durian, walau buahnya terasa, tapi tidak menghilangkan sensasi latte-nya. Dia jelaskan salah satu kendala ialah buah yang cenderung musiman. Alhasil, mereka menyesuaikan stok buah dengan kuota produksi.

 

“Kadang buah menghasilkan kekentalan berbeda, itu seninya. Kita bereksperimen kopi, dan dengan buah,” tuturnya. X Coffee berlokasi persis di sisi Hotel NEO Tendean, Jakarta. Satu botol latte dengan isi 250 ml dijual seharga Rp 22.000. Di sini ada varian kreasi latte lain : Choux Shot, Cone Shot, Croissant Shot, dsd. (Muhamad Irzal Adikurnia; Sri Anindiati Nursastri)

 

Monggo lengkapnya klik aja :  (http://travel.kompas.com/read/2017/09/19/220300527/kopi-dicampur-jus-durian-ini-baru-beda-)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close