Iptek dan Lingk. Hidup

Google Map bisa lacak perjalanan teman

Kompas.com-Salah satu pertanyaan tersulit dijawab akurat : “Kira2 kapan Anda tiba di sini?”. Pertanyaan itu dilontarkan ketika janjian dengan teman, keluarga, atau kekasih. Mungkin Anda jawab “15 menit” atau 30 menit, atau berapapun. Padahal Anda tak tahu hambatan yang menghadang dalam perjalanan.

 

Agar tak disebut “omong kosong”, Google membantu menghadirkan fitur pembagian lokasi langsung alias real-time pada layanan peta digital Maps. Ini langkah lebih lanjut dari pembagian titik lokasi alias share-location, sebagaimana dihimpun KompasTekno (22/3/17) dari keterangan pers Google.

 

Fitur lacak real-time ini bakal hadir di dua platform mobile popular, Android dan iOS. Kemampuan real-time, teman atau kekasih Anda bisa memantau perjalanan Anda langsung. Mekanisme ini seperti ketika Anda memantau driver Go Jek, Uber, atau Grab pasca melakukan pemesanan alias order. Dengan begitu, teman bisa memahami kondisi karena Anda pun tak bisa bohong.

 

Selain mempermudah komunikasi ketika janjian, fitur ini juga bisa menghapus keraguan Anda kepada pacar. Ketika Anda menanyakan keberadaan pacar dan pacar membagi lokasinya secara real-time, Anda bisa terus memantau hingga waktu yang ditentukan.

 

Bagaimana mengoperasikannya

Pertama, buka aplikasi Maps yang diperbarui lalu pilih menu yang terletak di samping atau ketuk lingkaran kecil warna biru yang menunjukkan Anda berada. Ketuk “Berbagi Lokasi” (share location) lalu pilih orang yang akan Anda bagikan lokasi. Pastikan orang itu terhubung sebagai kontak pada akun Google Anda.

 

Atur berapa lama durasi waktu berbagi lokasi. Anda bisa pilih dalam kurun menit hingga jam. Begitu durasi selesai, teman tak bisa lagi memantau lokasi Anda secara real-time. Google Maps memberikan tautan yang harus Anda bagi ke teman pillihan melalui aplikasi chatting kesukaan, misal WhatsApp atau Line.

 

Anda bisa tahu siapa saja dari teman pilihan Anda yang benar2 memantau perjalanan Anda. Di layar aplikasi tampil ikon, tepatnya di atas kompas yang mengingatkan Anda sedang aktif berbagi lokasi. Anda juga dapat mengatur kapan harus berhenti berbagi lokasi, meski durasi yang disetel belum berakhir.

 

Fitur pembagian lokasi real-time ini segera hadir di dunia secara bertahap. Pengguna di Indonesia dijanjikan kebagian giliran dalam beberapa pekan ke depan. (Fatimah Kartini Bohang; Reska K Nistanto; http://tekno.kompas.com/read/2017/03/22/20580067/google.maps.kini.bisa.lacak.perjalanan.teman)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close