Kesehatan

Psoriasis penyakit yang diidap Kim Kardashian

Jakarta-Psoriasis, kondisi peradangan kulit kronis yang ditandai bercak merah tebal dan bersisik pada siku, lutut, kulit kepala dan area tubuh lain. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, seperti dialami oleh istri komedian Caesar, Indadari, hingga selebriti Hollywood, Kim Kardashian.

“Pria dan wanita berkemungkinan terkena penyakit ini sama besar dan dapat mengenai semua usia,” papar spesialis kulit dan kelamin dari RS Evasari, Dr. Taruli Olivia N, SpKK kepada Sindonews, di Jakarta. Penyakit ini ditandai¬† gejala2. Salah satunya bercak kemerahan bersisik tebal. Dijelaskan Dr. Taruli, bercak muncul dalam ukuran bervariasi. Mulai dari kecil sampai menutupi area tubuh yang luas.

“Dibawah sisik akan tampak bintik2 perdarahan. Psoriasis dapat menyerang sendi sehingga menjadi bengkak dan kaku serta perubahan pada kuku berupa perubahan warna, kuku lepas dan hancur,” jelasnya. Meski tak menular dan membahayakan, psoriasis hingga kini belum diketahui penyebabnya. Penyakit ini menahun. Pasien berpenyakit ini seumur hidupnya.

“Penyebab Psoriasis belum diketahui, ¬†diduga disebabkan autoimun. Penyakit ini tidak menular. Tapi bisa terjadi remisi dan kambuh kembali tanpa sebab jelas. Pada kondisi normal sel kulit terganti dalam beberapa minggu, namun pada penderita psoriasis terjadi lebih cepat. Dengan pengobatan penyakit ini dapat dikontrol,” pungkasnya.

Di Indonesia, belum ada data jumlah penderitanya. Berdasarkan data Departemen Kulit dan Kelamin RCSM/FKUI, mencatat 71 kasus baru psoriasis tahun 2015. (nfl; Diana Rafikasari; https://lifestyle.sindonews.com/read/1188800/155/mengenal-psoriasis-penyakit-yang-diderita-kim-kardashian-1489628939)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close