Kesehatan

Betulkah Sushi itu sehat

Jakarta, CNN Indonesia-Sushi, makanan berbahan ikan mentah ini jadi salah satu makanan favorit di kalangan masyarakat. Komposisi sushi yang terdiri dari nasi, ikan, dan sayuran ini dianggap makanan sehat dikonsumsi. Apakah sushi benar2 sesehat itu?

Ahli Gizi Inge Permadi menyebut, sushi sehat untuk dikonsumsi meski berbahan ikan mentah. “Sushi sehat karena mengandung zat gizi,” katanya ke CNNIndonesia.com. “Selain itu, nilai gizinya cukup tinggi karena tidak terlalu mengalami banyak proses pengolahan. Sushi ikan mentah juga jadi sumber protein.”

Nigiri sushi misalnya, meski terdiri dari nasi dan ikan mentah namun mengandung protein, karbohidrat, dan lemak yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, ikan mengandung Omega-3 tinggi. Inge menambahkan, protein dibutuhkan tubuh sebagai zat pembangun. Sedang nasi sumber karbohidrat untuk sumber energi.

Meski bernilai gizi yang dibutuhkan tubuh ini tak berarti bebas menyantap sushi porsi sembarangan.  Ada aturan agar sushi benar2 jadi makanan sehat. Inge mengatakan, sama aturan menyantap makanan lain, kita boleh memakan sushi sesuai kebutuhan tubuh. Artinya, ukuran normal, kita butuh 55-60% karbohidrat, protein 10-15% dan lemak 30%.

Total ketiga kandungan itu 100% komposisi makanan yang dibutuhkan tubuh/hari. “Batasannya  jumlah kalori yang kita konsumsi harus sesuai kebutuhan. Tidak berlebihan” katanya. Konsumsi berlebihan dinilai berbahaya untuk tubuh dan bobot tubuh. Karena Sushi bernilai kalori  beda2 per sajian.

“Kedua makanan harus berkomposisi baik. Seratus persen berarti sesuai kebutuhan, komposisi tersebut yang dibutuhkan dalam keseharian kita,” tuturnya. Ini berarti Anda tak bisa hanya memenuhi asupan harian hanya menyantap sushi. Sekalipun sehat, Anda masih harus melengkapi kebutuhan kalori harian dengan berbagai asupan serat dari sayuran, serta jenis mineral dan vitamin dari makanan laina.

 

“Ketiga, pastikan daging ikan di sushi yang disajikan itu masih segar sehingga kandungan proteinnya tinggi.” (chs; Gloria Safira Taylor; http://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20170325073314-255-202687/benarkah-sushi-itu-sehat/)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close