Kesehatan

Agar lancar jalani puasa

Tips lancar jalani puasa Ramadhan ini dishare dari dr. Edy Rizal Wahyudi, SpPD, KGer, FINASIM dari Divisi Geriatri Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI. Dia memberi Tips lancar Jalani Shaum/Puasa secara umum untuk seorang berusia lanjut dan juga semua kalangan.

 

1 ● Saat Sahur usahakan membatasi asupan teh dan kopi Pasalnya, dua asupan tsb membuat metabolisme berjalan cepat. Sehingga cepat mendatangkan rasa haus meski tak terdehidrasi.

2 ● Dianjurkan mengonsumsi makanan yang lambat dicerna dan berserat tinggi. Contohnya gandum, padi2an, kacang2an, biji-bijian, nasi merah.

 

3 ● Saat Tajjil/Awal buka puasa dianjurkan mengonsumsi Kurma* yang mengandung gula serat, karbohidrat, kalium dan magnesium. Dengan kurma, kebutuhan nutrisi tubuh yang hilang selama puasa perlahan dipenuhi.

4 ● Mengonsumsi pisang saat Ifthor/berbuka sangat baik bagi tubuh Anda, sebab pisang merupakan sumber kalium, magnesium dan karbohidrat.

 

5 ● Batasi makanan yang digoreng saat berbuka, karena meningkatkan sel-sel lemak tubuh. Hal ini karena seorang Lansia cenderung memiliki keluhan penyakit yang disebabkan lemak, seperti penyakit jantung,  cc koroner dan hipertensi.

 

6 ● Batasi makanan yang lebih cepat dicerna, seperti gula. Hal ini bisa cepat mendatangkan rasa haus ditengah Anda menjalani puasa nantinya.

7 ● Konsumsi Air atau jus buah antara berbuka puasa dan sebelum tidur. Hal ini bertujuan untuk menyediakan kebutuhan cairan dalam tubuh untuk Anda lancar beraktivitas esok harinya.

 

8 ● Hindari terlalu banyak minum Es, karena memudahkan Anda kenyang. Di mana asupan makanan gizi yang lengkap akan menurun karena tak bisa masuk dalam tubuh.

MARHABAN YAA RAMADHAN; (Sumber: Whatsapp dan https://semangkakuning.com/2016/06/10/tips-lancar-jalani-puasa-dr-edy-rizal-wahyudi-sppd/)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close