TELKOMGrup dan SEKAR

Mesin pertumbuhan Telkomsel

JAKARTA (IndoTelko)-Bisnis digital (Digital business) jadi salah satu mesin pertumbuhan Telkomsel masa depan. “Beberapa tahun terakhir terjadi pergeseran perilaku pelanggan dalam berkomunikasi. Penggunaan layanan data makin diminati dan terus tumbuh jika dibanding layanan suara dan SMS”.

 

“Makin diadopsinya berbagai layanan di platform digital dan meningkatnya penetrasi smartphone mendongkrak konsumsi penggunaan data di jaringan Telkomsel. Beberapa tahun terakhir selalu meningkat lebih dari 100% tiap tahun” ungkap Dirut Telkomsel Ririek Adriansyah dalam keterangannya.

 

Saat ini bisnis digital Telkomsel : Layanan broadband dan layanan digital meliputi Digital Lifestyle (konten musik, video, games, dsb), Digital Advertising, Digital Payment (mobile banking, T-Cash, T-Wallet), dan Internet of Things (T-Drive, T-Bike, dan lain-lain) berkontribusi ± 40% total pendapatan.

 

“Perubahan komposisi dari layanan suara dan SMS ke arah bisnis digital itu hal positif yang diharapkan ke depan jadi engine of growth dari industri telekomunikasi”. Mengutip data pengukuran oleh J.P. Morgan memperlihatkan kecepatan download layanan 3G dan 4G Telkomsel merupakan yang terbaik di Indonesia, dengan rata2 kecepatan 2-3x lipat lebih baik dibanding operator lain.

 

Begitu pula pengukuran Net Promoter Score (NPS) yang dirilis Nielsen menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pelanggan Telkomsel berdasarkan real customer experience adalah yang terbaik di industri telekomunikasi di Indonesia.

 

Tingginya kepercayaan pelanggan membuat pencapaian Telkomsel diakui banyak pihak hingga meraih berbagai penghargaan tingkat nasional dan internasional, di antaranya “Asia Pacific Mobile Service Provider of the Year” pada ajang Asia Pacific ICT Awards yang diselenggarakan Frost & Sullivan 2016.

 

“Kami berupaya mendorong pemanfaatan jaringan broadband lebih optimal sehingga memberi manfaat maksimal. Untuk itu sebagai operator yang bertransformasi jadi digital telecommunication company, Telkomsel terus melakukan berbagai improvement untuk menyajikan pengalaman mobile digital lifestyle terbaik” jelas Ririek.

 

Saat ini Telkomsel telah menggelar lebih dari 140.000 unit BTS di Indonesia yang menjangkau lebih dari 95% wilayah populasi Indonesia. Telkomsel terus berkomitmen melanjutkan penggelaran jaringan dari Sabang – Merauke. Beberapa tahun terakhir Telkomsel konsisten membangun 20.000-25.000 BTS baru setiap tahunnya

 

Kinerja
Sebelumnya, dalam Info Memo laporan keuangan Telkom Triw I/2017 menyebutkan Digital Business  Telkomsel menghasilkan pendapatan Rp 8,419T atau naik 22,5% dibanding periode sama 2016. Bisnis yang terdiri dari digital service dan koneksi data ini berkontribusi 37,7% bagi total pendapatan Telkomsel di tiga bulan pertama 2017.

 

Dari bisnis layanan data di tiga bulan pertama 2017 dihasilkan pendapatan Rp 7,583T naik 21,3% didorong adopsi perangkat 3G/4G dan penjualan Pay As You Use (PAYU) paket Flash. Per 31/3/17, Telkomsel memiliki 21,9 juta pelanggan 4G. Dari Digital Services di Triw I/17 menghasilkan pendapatan  Rp835M. (id; http://www.indotelko.com/kanal?c=id&it=bisnis-digital-mesin-pertumbuhan-telkomsel)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close