Wisata dan Kuliner

Rekreasi Toraja-Sensasi Minum Kopi Dataran Tinggi

Tempo.co-Jakarta-Pemerintah mengembangkan infrastruktur di Toraja. Menurut Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, pembangunan infrastruktur ini mendukung pengembangan sektor pariwisata yang potensial di sana. Salah satunya sensasi minum kopi di daerah dataran tinggi

“Di sana banyak destinasi wisata. Kami sedang studi dengan Bank Dunia” kata Luhut saat ditemui di kantor Kemenko Kemaritiman, Jakarta, 30/1/17. Menuurut Luhut, akan dibangun infrastruktur : Air bersih, lapangan terbang, listrik, dan jalan. Nantinya pemerintah juga membangun bandara internasional. “Ya maunya Wapres seperti itu.”

 

Menurut Luhut, sektor wisata itu investasi termurah dengan lapangan kerja terbanyak.  Indonesia fokus mengembangkan sektor pariwisatanya. “Makanya kami fokus.” Mengenai destinasi wisata di Toraja,  pemda harus terlibat. Utamanya dalam keramahtamahan penduduk lokal, soal penginapan, berbagai kerajinan tangan lokal. “Itu mesti kami benahi,” ucap Luhut.

Potensi utama yang ditonjolkan pemerintah, sensasi minum kopi di dataran tinggi di Toraja. “Potensi wisatanya minum kopi di atas awan.” Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan mengatakan saat ini pembangunan Bandara Buntu Kunyi dalam tahap tes tanah (soil test). Setelah itu dimulai pembangunan bandara yang direncanakan jadi bandara internasional.

Pembangunan Bandara Buntu Kunyi akan dilakukan di daerah Tana Toraja. Namun sambil menunggu bandara itu selesai pembangunannya, pemda menggunakan Bandara Pongtiku. “Kira2 jaraknya 30 km dari situ (Buntu Kunyi),” ujar Kalatiku.

Kalatiku menambahkan pembangunan bandara ini tidak akan memakan waktu lama. Dia berharap pada 2018, Bandara Buntu Kunyi bisa selesai pembangunannya. “Tidak akan lamalah, mungkin 2018 sudah selesai,” ucapnya.

Bandara Buntu Kunyi akan layani penerbangan dalam negeri dulu. Baru dipikirkan jadi bandara internasional atau tidak. “Memang tadi disebut seperti itu, kalau bisa dari luar negeri bisa ke Toraja,” tutur Kalatiku. (DIKO OKTARA; https://m.tempo.co/read/news/2017/01/31/203841365/pariwisata-toraja-sensasi-minum-kopi-dataran-tinggi)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close