Wisata dan Kuliner

Danau terindah di Indonesia(5)

5-Danau Tondano
Danau Tondano terluas di Prov. Sulut. Danau ini diapit Pegunungan Lembean, G-Kaweng, Bukit Tampusu, dan G-Masarang. Danau ini dilingkari jalan provinsi dan menghubungkan kota Tondano, Kecamatan Tondano Timur, Kec-Eris, Kec-Kakas, Ke-Remboken, dan Kec-Tondano Selatan.

Danau ini penghasil ikan air tawar seperti ikan mujair, pior/kabos, payangka wiko (udang kecil), nikesepat siang(arwana), tawes, pongkor, bontayan, lobster hitam,guramekupu-kupu, karper. Luasnya 4.278ha, dan terdapat pulau kecil bernama Likri (depan desa Tandengan kec-Eris) dan pulau papalembet depat toulumembet.

Di tepi Danau Tondano terlihat jelas Gunung Kaweng. Konon danau ini terjadi karena letusan yang dahsyat karena ada kisah sepasang insan manusia yang berlainan jenis melanggar larangan orang tua untuk kawin (bahasa Minahasa: kaweng) dengan nekat lari (tumingkas) di hutan. Sebagai akibat melanggar nasihat orang tua maka meletuslah kembaran gunung kaweng tersebut sehingga menjadi danau Tondano.

Danau Tondano, obyek wisata terkenal “Sumaru Endo” Remboken, dan Resort Wisata Bukit Pinus (Tondano arah Toliang Oki). Gua tikus tasuka, Dari tepian danau Tondano (Toliang Oki), kita dapat melintas puncak Bukit Lembean dan memandang keindahan Laut Maluku (di sebelah timur), tepatnya kawasan Tondano Pante (Kec-Kombi), Kab-Minahasa. Pondok kinakas. (dapat dilihat di atas kantor camat kakas dan boulevard tontimomor. Bersambung ………………; (http://agusbudiawan.wordpress.com/2013/11/23/mbolang-17-danau-terindah-di-indonesia-1/)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close