Psikologi

Tentang dulu dan sekarang

Jaman gemiyen, orang sulit cari ilmu tapi gampang mengamalkannya. Jaman siki, orang mudah cari ilmu tapi sulit mengamalkannya. Dulu, ilmu dikejar, ditulis, dihafal, diamalkan dan diajarkan. Siki, ilmu diunduh, disimpan dan dikoleksi, lalu diperdebatkan.

Gemiyen, butuh peres kringet dan banting balung untuk dapat ilmu. Sekarang, cukup peras kuota internet sambil duduk manis ditemani secangkir minuman dan snack atau mendoan. Gemiyen, ilmu disimpan di hati. Selama hati durung owah, ilmu tetap terjaga. Sekarang, ilmu disimpan di memori gadget, nek baterene entek, ilmune tertinggal. Kalau gadget rusak, hilanglah ilmune.

Gemiyen, kudu njagong  ber-jam2 di hadapan guru dg penuh rasa hormat dan sopan lagi, maka ilmu merasuk bersama keberkahan. Sekarang, cukup tekan tombol atau layar sambil tidur2an manja, maka ilmu merasuk bersama kemalasan.

Kita telah sampai di zaman dimana bicara tanpa perlu suara, melihat tanpa perlu tatap muka dan memanggil tanpa perlu teriak. Hingga bicara hanya perlu ketik saja. Melihat hanya perlu klik saja. Dan memanggil hanya perlu ping saja. sosmed jadi budaya, kitab suci pun semakin terlupa.

Dari hanya lihat2, utawa salah pencet sampai mereka beradu pendapat. Dari tingkah yang di-buat2, sampai yang terang2an maksiat. Hingga tak sadar jemari ini berkhianat, menulis yg tak bermanfaat. Salah pencet maning koh. Hingga tak sadar mata berkhianat, melihat yang seharusnya tak boleh dilihat.

Wahai diri ingatlah. Mata akan jadi saksi atas apa yang kau lihat. Jemarimu jadi saksi atas apa yang telah engkau tulis, biarpun salah pencet. Hayo pada ngaku sedulur. Suatu hari nanti apapun yg kau lakukan dengan anggota badanmu akan bersaksi di hadapan Penciptanya. Maka dapatkah kau membantahnya? Maka jgn sampai mereka menjadi musuhmu di hari perhitungan nanti.

Menjadi saksi keburukanmu di Sosial Media, saksi atas apa yang kau lihat, saksi atas apa yang kau tulis.¬† Saksi atas segala apa yang kita lakukan di Sosial Media. Gunakan HP mu sebagai ladang amal. Sebarkan kebaikan dan ilmu yang bermanfaat. Leres mboten nggih ….. ? (Muchtar AF; dari grup WA-VN)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close