Wisata dan Kuliner

Gurihnya Papeda ikan kuah kuning Ambon

Ambon, kompas.com-Jika tanya makanan pertama kali dan wajib dicoba saat ke Maluku, jawabnya Papeda ikan kuah kuning. Hidangan ini khas, hingga sering digunakan menyambut wisatawan oleh para travel agent di Ambon, Provinsi Maluku.

 

Ujar Olnes, pemandu wisata pada KompasTravel saat ke Cultural and Culinary Trip, PT JAS Airport Service. Semerbak wangi jeruk, rempah, dan belimbing wuluh menyapa dari dapur resto di Ambon saat KompasTravel berkunjung. Terlihat, papeda di mangkuk besar digulung dengan sepasang garpu panjang dari bambu dan dituang ke piring.

 

Dalam piring tersaji papeda kenyal yang direndam dengan gurihnya kuah kuning dan segarnya ikan kakap. Itu tentu membuat siapapun penasaran. Sepintas kuah kuning terlihat sama dengan kuah ikan asam atau pindang serani. Tampilan berbedanya butiran biji2 kenari mengambang.

 

Anda merasakan sensasi unik setelah mencecap papeda kuah kuning. Papeda meluncur mulus di tenggorokan, sesekali gurihnya ikan kakap padat dan lembut. Selain kenari, kuah ini menggunakan beragam rempah mulai bawang putih, bawang merah, kunyit, daun jeruk, ketumbar dsb.

 

“Sulitnya itu menjaga ikan tidak hancur saat dimasak lama, tapi bumbu meresap sempurna. Mangkanya pake jenis ikan kakap,” ujar Lina, juru masak di Resto Sari Rasa, saat bincang dengan KompasTravel.

Hidangan ini mudah ditemui di resto2 yang menyajikan hidangan laut khas Maluku.  (Muhammad Irzal Adikurnia; Wahyu Adityo Projo)

 

Monggo lengkapnya klik aja :  (http://travel.kompas.com/read/2017/11/16/062500027/wajib-coba-gurihnya-papeda-ikan-kuah-kuning-ambon-yang-buat-penasaran)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close