Aku cinta Indonesia

Bangun Terowongan Tol tembus Bukit Barisan-gandeng Jepang

(finance.detik.com)-Kemen-PUPR menggandeng Jepang membangun terowongan pada proyek tol Padang-Pekanbaru. Terowongan yang jadi terowongan tol terpanjang di Indonesia ini bakal menembus Bukit Barisan di wilayah Payakumbuh sepanjang 8,95 km.

Ini menandai makin banyaknya kerja sama Indonesia-Jepang di bidang infrastruktur. “Kerja sama pembangunan terowongan di Jalan Tol Padang-Pekanbaru jadi pilot project dan dapat dikembangkan di masa datang,” kata Sekditjen Kemen-PUPR Anita Firmanti yang diterima detikFinance (14/2/18).

Ini jadi salah satu topik bahasan Pertemuan Tingkat Tinggi antar Sekditjen Kementerian ke-5 (The Fifth High Level Meeting) yang dihadiri Sekjen Kemen-PUPR Anita Firmanti dengan Vice Minister for Engineering Affairs, Ministry of Land, Infrastructure, Transport and Tourism/MLIT) Masafumi Mori di Tokyo, Jepang, beberapa waktu lalu.

Pengalaman panjang Jepang di bidang teknologi Dam Upgrade dan pembangunan terowongan jadi referensi Pemerintah Indonesia membangun infrastruktur serupa. “Pengalaman panjang Jepang dalam perbaikan bendungan yang umur fungsinya mencapai lebih dari 50 tahun, sangat membantu”.

Untuk membangun terowongan ini butuh Rp 9T. Dana itu termasuk total pembangunan Tol Padang-Bukit Tinggi-Pekanbaru Rp 78,09 triliun. Agenda lain pertemuan ini kerja sama Jalan Nasional menuju Jalan Tol Akses Pelabuhan Patimban dan Sistem Pengolahan Limbah Terpusat DKI Jakarta (Jakarta Sewerage System).

Bidang perumahan, dibahas peran sektor swasta dalam Program Satu Juta Rumah dan pengelolaan rumah susun sewa bagi MBR di kawasan perkotaan, dan bidang jasa konstruksi pengembangan kontraktor umum jadi kontraktor spesialis. Agar tahu lebih dekat proyek infrastruktur di Jepang, dilakukan kunjungan ke lokasi proyek infrastruktur di Osaka dan Kyoto.

Proyek2 yang dikunjungi juga : Chubu Odan Expressway sebagai jalan tol yang dibangun pemerintah dan di dalamnya terdapat pembangunan terowongan. Selain itu dikunjungi Osaka Prefecture Government Office bangunan bersejarah yang direnovasi sehingga menjadi bangunan tahan gempa.

 

Renovasi dilakukan tanpa menghentikan aktivitas dan Senboku Sewerage System instalasi pengolahan air limbah domestik dengan teknologi membrane. (eds/zlf; Eduardo Simorangkir;  Bahan dari :  (https://finance.detik.com/infrastruktur/d-3866392/ri-gandeng-jepang-bangun-terowongan-tol-tembus-bukit-barisan?utm_source=whatsapp)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close