Aku cinta Indonesia

Strategi PUPR Bentengi Jakarta Dari Banjir

(finance.detik.com)-JAKARTA; Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan rencana menangkal banjir di DKI khususnya di kawasan dekat laut. Menurutnya untuk menangkal banjir, Kementerian PUPR berkoordinasi dengan Pemprov DKI akan membuat pompa di Kali Sentiong dan Ancol.

Kini proyek pompa di Kali Sentiong dan pompa di Ancol sedang proses tender. “Kami kerjakan di kali Sentiong udah tender mau pasang pompa di hilirnya. Lalu pompa Ancol kan ada Kali Item masuk Ancol,” ungkap Basuki ditemui di kantornya, Jakarta Selatan, (24/2/2020).

Khusus di Ancol yang terhubung Kali Item, bukan cuma akan dibuatkan pompa. Basuki mengatakan akan memasang pintu air sehingga apabila air laut pasang tidak akan meluap ke Kali Item.

 

“Ancol kan sebelah sininya pompa, ke sini selama ini nggak ada pintu air, kalau air pasang masuk Kali Item banjir. Ini kita buat pintu air terus tambah pompa. Ini lagi ditender sekarang,” ungkap Basuki.

Menurut Basuki akan ada 100 pompa yang akan dipasang di Jakarta masing-masing bisa menarik air sebesar 5 m3/detik. Pompa ini akan dipasang di beberapa aliran sungai yang bermuara ke laut.

“Fisiknya kita ada 100 pompa, semua pompa besar 5 m3/detik kayak di Pluit di Ancol di Melati semua itu dipasang sesuai masterplan dulu. Nah nanti dikomando sama Dinas SDA Provinsi,” jelas Basuki.

Basuki menambahkan urusan banjir di Jakarta merupakan tanggung jawab semua pihak. Terlebih lagi Jakarta merupakan ibu kota negara, semua pekerjaan harus dikerjakan bersama-sama menurutnya.

“Ini ibu kota negara, semua bertanggung jawab. Mau PU, mau DKI, mau TNI, kalau ada apa-apa pasti dikerjakan bareng asal tidak double,” kata Basuki.

 

(hns/hns; Herdi Alif Al Hikam;  Bahan dari : https://finance.detik.com/infrastruktur/d-4912206/ini-strategi-pupr-bentengi-jakarta-dari-kepungan-banjir?tag_from=wpm_nhl_7)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close