Aku cinta Indonesia

Pasar Ikan Muara Baru tak Kalah dengan Mal

(republika.co.id)-JAKARTA; Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru di Jakarta Utara, diresmikan pada Rabu (13/3). Pasar ikan yang terinspirasi dari pasar ikan Tsukiji di Tokyo, Jepang ini ‘tak kalah dengan mal’.

Presiden mengaku memerintahkan Menteri KP Susi Pudjiastuti membangun pasar ikan modern yang tidak bau, tidak becek, dan higienis di Indonesia. Sejak dibangun di awal 2018, Pasar Ikan Modern Muara Baru dengan biaya Rp 150,7 miliar ini akhirnya beroperasi penuh pada Februari 2019.

“Kita bisa membalik persepsi. Dulu persepsinya banyak orang, yang bilang pasar ikan pasti kotor becek bau. Tidak nyaman. PIM Muara Baru kelihatan bersih nyaman dan tidak kalah dengan tempat belanja di Mall,” jelas Jokowi di Pasar Ikan Modern Muara Baru, Rabu (13/3).

PIM Muara Baru ini dikelola oleh Perum Perikanan Indonesia (Perindo) dengan standardisasi pengelolaan lingkungan mengacu ke Jepang. Menteri KP Susi Pudjiastuti menyebutkan, 500 ton ikan diperdagangkan dalam sehari di PIM Muara Baru.

PIM juga menampung 397 pedagang yang sebelumnya jualan di pasar lama. PIM Muara Baru memiliki 896 lapak basah, 115 kios kering, dan 8 unit food court. “Omzetnya Rp 10-12 miliar per hari. Kita akan menambah fasilitas lain. Perindo masih ada tanah 110 ha. Kalau dikembangkan pusat terintegrasi, nanti seluruh ikan yang turun dari kapal di Muara Baru harus masuk pelelangan ikan,” kata Susi.

Seorang pedagang, Jaya Rahmat mengaku ada perbedaan signifikan yang ia rasakan setelah dirinya berjualan di PIM Muara Baru. PIM ini jauh lebih bersih, tertata, dan higienis sehingga konsumen lebih nyaman.Jumlah pengunjung meningkat setelah pasar ikan modern ini beroperasi. (Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Nidia Zuraya;  Bahan dari : https://www.republika.co.id/berita/nasional/jabodetabek-nasional/pob4fh383/jokowi-pasar-ikan-muara-baru-tak-kalah-dengan-mal)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close