Aku cinta Indonesia

Pengalaman ikut Uji Coba MRT Jakarta Hari Pertama

(megapolitan.kompas.com)-JAKARTA; Uji coba publik kereta moda raya terpadu ( MRT) fase 1 lintas Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia (HI) hari pertama digelar pada Selasa (12/3/2019). Kompas.com ikut uji coba pada hari pertama itu dari Stasiun Bundaran HI, Selasa.

Stasiun Bundaran HI siap untuk digunakan penumpang. Memasuki stasiun, terlihat tangga dan eskalator berdampingan. Petugas2 stasiun menyambut setiap penumpang yang ikut uji coba pagi tadi dengan senyuman. Mereka menyampaikan informasi kepada para penumpang terkait fasilitas2 di area Stasiun Bundaran HI.

Fasilitas2 stasiun seperti toilet, mushala, dan ruang menyusui sudah dapat digunakan. Seorang petugas berjaga di setiap akses pintu masuk masing2 fasilitas itu. Namun, mesin tapping untuk masuk ke dalam stasiun belum dapat digunakan saat kegiatan uji coba. Penumpang yang ikut uji coba hanya wajib menunjukkan bukti tiket dan kartu identitas ke petugas.

Petugas memindai barcode pada tiket masing2 penumpang. Lalu, masing2 penumpang mendapatkan stiker yang menunjukkan batas waktu kunjungan. Tak tampak keramaian penumpang yang akan ikut uji coba pada hari pertama. Ada 20-30 penumpang yang naik ke kereta menuju Stasiun Lebak Bulus.

Untuk masuk ke dalam kereta, penumpang wajib antre pada garis kuning di depan screen door yang membatasi peron dan rel. Garis hijau menunjukkan jalur penumpang keluar dari dalam kereta. Kereta  datang tepat jadwal, yakni pukul 10.40 WIB. Penumpang yang menunggu antusias masuk ke kereta MRT Jakarta.

Mereka hanya punya waktu 3 menit untuk masuk ke kereta karena pintu kereta akan tertutup otomatis. Saat kereta berangkat, ada penumpang yang memilih berkeliling tiap gerbong kereta, ada pula yang memilih mengambil foto suasana kereta MRT Jakarta. Kereta berangkat pukul 10.45 WIB menuju Stasiun Lebak Bulus.


(Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Pengalaman Ikut Uji Coba Publik MRT Jakarta Hari Pertama…”, Penulis : Rindi Nuris Velarosdela; Editor : Icha Rastika; Bahan : https://megapolitan.kompas.com/read/2019/03/12/14123941/pengalaman-ikut-uji-coba-publik-mrt-jakarta-hari-pertama)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close