Kesehatan

Cepat guyur air dingin ke Kepala-bisa stroke?

Jakarta-Banyak beredar di Medsos secara berantai terkait stroke. Kali ini disebut banyak orang terkena stroke di kamar mandi karena langsung guyur air di kepala. Benarkah ini bisa picu stroke? Bahwa langsung mengguyur air di kepala saat mandi tidak serta-merta menyebabkan stroke.

 

Namun perlu diingat tiap orang punya rangsangan suhu beda2. dr Muhammad Rhadian Arief, SpBS dari RS Medistra, mengatakan stroke mungkin terjadi akibat terpaparnya tubuh dengan suhu yang dingin sehingga menyebabkan kenaikan tekanan darah (salah satu faktor risiko) secara tiba2.

“Rangsangan suhu pada setiap orang sih berbeda. Ada yang punya sistem penyaring rangsangan yang rendah, makanya ada (orang) tiap terkena paparan dingin sedikit langsung pingsan” tutur dokter yang akrab disapa dr Andra pada detikHealth.

 

Dokter saraf dari RS Siloam, Jakarta, dr Rocksy Fransisca, SpS mengatakan ada faktor pendukung lain yang berdampak stroke terjadi akibat paparan suhu dingin yaitu ada pembuluh darah yang kaku atau kelainan pembuluh darah. Kondisi ini membuat serangan stroke mudah terjadi.

Prof dr Teguh Ranakusuma, SpS (K), dokter spesialis saraf dari Departemen Neurologi FKUI-RSCM juga  menjelaskan soal ini. Bahwa jika seseorang yang tubuhnya kepanasan lalu langsung diguyur kepalanya dengan air dingin, bisa menyebabkan saraf kaget atau stroke bila terjadi pada orang yang tidak sehat.

Semua titik dan suhu tubuh manusia yang berada di dalam dan di luar berpengaruh pada aktivitas otak. Otak berfungsi memonitor tubuh agar berfungsi normal, maka sesuatu yang ganjil pada tubuh tentu sangat mempengaruhi otak.

Prof Teguh menjelaskan tubuh manusia punya regulasi tinggi karena terdapat thermo regulator (pengatur suhu) di otak. Ketika suhu tubuh panas, maka otak memerintahkan pembuluh darah melebar agar terjadi penguapan dan penurunan suhu. Sebaliknya, otak memerintahkan pembuluh darah menyusut bila tubuh kedinginan.

Bila pembuluh darah sedang melebar karena kepanasan tiba2 disiram air dingin, maka bisa menyebabkan pembuluh darah pecah. Jika hal itu terjadi di pembuluh darah otak, bisa menyebabkan stroke. Hal yang sama juga terjadi ketika pembuluh darah yang menyusut diguyur air panas.

Disarankan bila Anda kepanasan atau kedinginan, sebaiknya hindari mengguyur air langsung ke kepala saat mandi. Menurut Prof Teguh, perubahan suhu tiba2 bisa menyebabkan stroke bila terjadi pada tipe2 orang dengan penyakit tertentu, seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, gangguan pembuluh darah (kardiovaskuler) dan gangguan darah.

Karena itu saat mandi siramlah air ke anggota tubuh paling bawah dahulu. dr Andra yang juga berpraktik di RS Pelni mengatakan tubuh sebaiknya beradaptasi terlebih dahulu.

“Setiap kulit tubuh manusia beda ketebalannya ya, jadi sebaiknya adaptasi dulu. Misalnya dimulai dari otot atau kulit tebal, bisa pada kaki atau tangan, jadi jangan langsung ke kepala atau badan karena perubahan suhu yang spontan akan memengaruhi kenaikan tekanan darah,” imbuh dr Andra. (vit/vit)

Puti Aini Yasmin; Bahan dari :  (https://health.detik.com/read/2016/08/27/121051/3284893/763/buru-buru-guyur-kepala-dengan-air-dingin-bisa-kena-stroke-di-kamar-mandi)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close