Wisata dan Kuliner

Menyelam di air terjun keren di Bogor(1/2)

(travel.kompas.com)-Menyelam di laut sudah biasa. Akan seru jika mencoba wisata petualangan baru yaitu menyelam di air terjun atau curug di Kawasan Bogor Jabar. Ada banyak curug dengan aliran sungai yang jernih dan pemandangan yang indah.

 

Jangan dulu bayangkan menyelam dengan peralatan scuba diving. Menyelami curug atau sungai di Bogor dapat menggunakan teknik menyelam bebas atau freediving. Tidak mesti freediving, sekadar berendam sambil berenang mandi sama menyenangkan.

 

Jika ingin menyelam, gunakan masker, snorkel, dan fin atau kaki katak. Masker, alat yang wajib dibawa agar kita dapat melihat pemandangan di bawah air. Kalau di curug atau sungai, kita bisa melihat ceruk dengan bongkah dan struktur batuan lava yang membeku.

 

Meski menyelam di curug itu sederhana, namun harus pegang prinsip keselamatan paling utama. Taati peraturan dan perhatikan rambu peringatan di tiap objek wisata curug. Ada tingkat kedalaman dan arus yang tidak boleh diselami. Cari info dan amati arus, kedalaman sungai atau sisi curug yang aman untuk segala usia. Berikut destinasi2 curug atau sungai di Bogor yang keren untuk diselami:

 

1-Curug Kondang

Curug Kondang atau Curug Ngumpet II berada di ketinggian 900 mdpl di lereng barat laut Gunung Salak, tepatnya di area objek wisata Gunung Bunder, di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Curug dapat ditempuh jalan kaki sejauh 200 meter dari lokasi parkir sepeda motor atau mobil.

 

Trek jalan kaki berupa tangga batu dengan pemandangan pinggir sungai dan hutan hujan yang indah. Air curug dingin dan jernih. Ada batas tali di curug yang menandakan dasar curug sedalam 5 mt. Petugas SAR setempat selalu memantau dan memberi peringatan jika cuaca buruk karena ancaman bah.

 

2-Balong Endah

Terletak 200 mt di atas Curug Kondang dan satu aliran sungai. Akses masuk sama dengan Curug Kondang. Berupa kolam dengan kedalaman bervariasi yang berada di lembah dan ceruk yang terbentuk di batuan lava beku.

 

Sepanjang musim, air sungai relatif jernih karena filter alami berfungsi baik berasal dari tutupan hutan lebat. Ada tiga kolam atau balong yang dapat diselami. Pastikan anda melapor ke petugas tiket, agar petugas segera memberi tahu segala ancaman bahaya dari perubahan cuaca.

 

(Fikria Hidayat; Bahan dari :  Monggo lengkapnya klik aja :  (http://travel.kompas.com/read/2018/02/07/151044227/wisata-baru-menyelam-di-air-terjun-keren-di-bogor)-FatchurR *** Bersambung……….

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close