Kesehatan

Makanan Organik bukan solusi satu2nya hindari Pestrisida

(lifestyle.kompas.com)- Penelitian sebelumnya berpendapat kalau konsentrasi pestisida di tubuh anak2 akan berangsur menghilang, ketika mereka beralih dari makanan konvensional ke makanan organik. Tampaknya, isi penelitian itu kurang valid.

 

Penelitian terbaru dari University of California, Berkeley, menunjukkan makanan organik belum tentu membuat semua anak bebas dari pestisida. Lesliam Quirós-Alcala, asisten profesor kesehatan lingkungan di University of Maryland, salah satu penulis utama studi itu, menjelaskan, penelitian sebelumnya hanya melihat efek dari diet organik pada anak2 yang tinggal di pinggiran kota.

 

Sehingga ia dan timnya ingin etahu hasil tersebut akan sama untuk populasi lain. Peneliti mengukur konsentrasi pestisida pada urin harian 40 anak California berusia 3-6 selama 16 hari. Anak2 diambil dari beragam populasi, yaitu yang tinggal di perkotaan, pedesaan, hingga lingkungan pertanian.

 

Anak2 diminta makan makanan konvensional 4 hari pertama dan beralih ke organik 7 tujuh hari, sebelum kembali ke makanan konvensional 5 hari terakhir. Ilmuwan menemukan, anak2 yang tinggal di daerah pertanian memiliki tingkat paparan pestisida lebih tinggi ketimbang populasi lain walau diberi makanan organik.

 

Anak2 dari populasi lain nyatanya tak bebas 100% dari paparan pestisida. Artinya, mengonsumsi produk organik bukan satu2nya cara menghilangkan racun pestisida dalam tubuh anak. Peneliti menyimpulkan, makan makanan organik secara rutin hanya bagian dari solusi.

 

Solusi lain yang lebih penting, pastikan anak2 mengonsumsi makanan bergizi, jika Anda tidak mampu beli makanan organik. “Semua ortu harus memastikan anak2nya menjalankan diet seimbang yang mencakup buah2an dan sayuran serta mengurangi makanan yang diproses. Walau Anda beli bahan organik, tetap ada kebutuhan mencuci bahan makanan hingga bersih,” kata Quirós-Alcala.

 

Tak kalah penting, orangtua juga harus menjaga rumah dari paparan pestisida seperti obat serangga. “Insektisida bisa menetap di ruangan lama dan anak2 rentan terpapar racunnya” . (Ayunda Pininta; Bestari Kumala Dewi; Rodales Organic life;  Bahan dari  :  http://lifestyle.kompas.com/read/2015/11/18/110700123/Makanan.Organik.Bukan.Satu-satunya.Solusi.Hindari.Pestisida)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close