Wisata dan Kuliner

Rendang dan Nasi goreng-Makanan terenak di dunia

(com/gaya-hidup)-Dua ikon kuliner Tanah Air rendang dan nasi goreng didulat sebagai makanan terenak di dunia no. 1 dan no. 2 versi CNN. Kemenpar pun bangga atas pencapaian ini.

“Rendang dan nasi goreng, 2 dari 5 kuliner yang dipromosikan Kemenpar sebagai ikon kuliner Indonesia, selain soto, sate dan gado2” ungkap Menpar Arief Yahya tertulis, (15/7/17). Sebelumnya (2011), masakan asal Sumbar itu pernah mendapat peringkat pertama sebagai makanan terenak di dunia. “Ini mengangkat brand kuliner Indonesia, dan pariwisata Indonesia,” kata Arief.

Tahun 2017 rendang dan nasi goreng kembali jadi makanan  favorit banyak pembaca situs berita dunia CNN itu. “Reputasi rendang ini menaikkan citra kuliner dan pariwisata kita. Karena kuliner ketika siap dipromosikan, dikapitalisasi maka dia masuk pariwisata. Selama masih proses inkubasi, itu masih di bawah Bekraf,” ungkap dia.

Arief mengatakan, kuliner sudah menjadi bagian yang penting dalam pariwisata. “Semakin banyak makanan kita yang dikenal, maka semakin banyak yang ingin ke negara kita. Ini adalah kultur diplomasi bangsa kita,” ujar Arief.

Kemenpar akan mem-branding resto Indonesia di luar negeri untuk mendukung promosi Indonesia. Dipilih wilayahnya sesuai target pariwisata, seperti restoran Indonesia di Prancis. ”Kami punya strategi mengembangkan destinasi kuliner di Bali, Joglosemar, dan Bandung. Kota2 itu dipilih karena kulinernya yang kaya dan komitmen pemda untuk wisata kuliner” ujar pria asli Banyuwangi ini.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Esthy Reko Astuti menyambut semringah raihan ini. Di bidangnya, Kuliner selalu jadi senjata andalan meraih hati wisatawan mancanegara. Rendang, salah satu makanan makanan otentik yang dimilikiIndonesia.

“Indonesia memiliki 5350 lebih resep asli tradisional yang jadi warisan bangsa Indonesia. Selain nikmat, juga setiap makanan mengandung sejarah yang kaya. Kuliner kita penuh warna dan cita rasa bumbu yang kuat, kami bangga punya Rendang dan Nasi Goreng,” ujar Esthy.

Sebagai informasi, CNN telah merilis daftar 50 makanan terenak sedunia lewat 35.000 voting di medsos FB. Hasilnya, rendang khas Sumbar kembali menduduki peringkat pertama.Menariknya, CNN melansir bukan hanya rendang, nasi goreng juga menempati peringkat kedua.

Makanan Nusantara lainnya yang masuk daftar : Sate, yang menduduki peringkat ke-14. (Bahan dari :  https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20170715172743-307-228130/rendang-nasi-goreng-dipilih-jadi-makanan-terenak-di-dunia)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close