Wisata dan Kuliner

Titik Nol Citarum yang alami

Detik.com : Berakhir pekan tenang sambil menikmati alam di Bandung, cobalah ke Situ Cisanti. Ini lokasi dari titik 0 km Sungai Citarum. Sungai ini dikenal sebagai sungai terkotor di dunia. Sungaiitu telah terkontaminasi limbah berbahaya, tapi siapa sangka jika lihat Hulu Sungai Citarum membuat tercengang yang melihat.

detikTravel, (3/12/17), mengunjungi Titik 0 Citarum atau Hulu Sungai Citarum yang berada di Situ Cisanti Kec-Kertasari, Kab-Bandung, Jawa Barat. Sebelum dijadikan danau buatan seperti sekarang, Situ Cisanti rawa atau danau purba yang ada sejak ribuan tahun lalu.

Hulu Sungai Citarum alami, itu dari sumber airnya yang bersih dan jernih, beda jauh jika dibanding  sumber air yang mengalir di hilir Sungai Citarum. “Situ Cisanti danau buatan yang dibangun pemerintah (2001) dan dibuka umum (2005).” kata seorang juru kunci Situ Cisanti Atep (45).

Sebelum dinamai Situ Cisanti warga menyebut rawa bendungan yang kedalamannya variatif. “Luas sekarang 9 Ha, kalau sebelumnya paling 7 Ha. Diperluas dan diperbesar, kedalamannya bervariatif dari 40, 60 centimeter, 3 meter, juga ada,” ungkapnya.

 

Rimbunnya pepohonan endemik khas Jabar menambah kesan bagi yang mengunjunginya. Karena tak jarang sejumlah pengunjung yang ke Situ Cisanti kerap menggelar tikar di bawah rimbunnya pepohonan.

“(ada) aslinya pohon saninten, kiara, kihiur, rasamala, kihujan, kibako, kuray, ki tambaga, jamuju dan  banyak lagi” ungkapnya. Jenis pohon yang disebutkan itu berfungsi banyak, mulai menyerap air hingga menyimpan cadangan air.

Selain itu, Hulu Sungai Citarum punya 7 mata air terdiri, mata air Pangsiraman, Cikolebere, Cikawadukan, Cikahuripan, Cisadana, Cihaniwung, dan Cisanti. Tempat ini jadi pilihan destinasi liburan akhir pekan traveler, tapi harus menjaga kebersihan ya. (krn/krn; Wisma Putra; bahan dari :  (https://travel.detik.com/domestic-destination/d-3761460/menengok-titik-0-citarum-yang-masih-alami?_ga=2.83094998.1707717911.1509614289-779714952.1504977395)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close