Kesehatan

Manfaat Garam Himalaya(1/2)

‪( hellosehat.com)-Anda pernah dengar jenis garam selain garam meja yang biasa Anda pakai masak? Ya, di dunia ini ada ber-jenis2 garam. Diantaranya garam Himalaya. Garam ini tak berwarna putih, tapi berwarna pink. Ingin tahu lebih lanjut tentang garam ini? Simak berikut ini.

 

Apa itu Garam Himalaya

Garam Himalaya tidak sembarangan bisa Anda dapatkan. Garam ini bukan berasal dari laut seperti garam biasa, tetapi garam ini berasal dari tambang garam terbesar kedua di dunia yang bernama Khewra Salt Mine yang berada di kaki pegunungan Himalaya, Pakistan. Garam Himalaya merupakan salah satu garam paling murni yang ada di dunia. Garam ini terkubur selama ribuan tahun di bawah lapisan lava, salju, dan es.

 

Oleh karena itu, warna garam ini berbeda dengan warna garam lainnya. Warna pink atau merah muda yang dimiliki garam ini berasal dari kandungan zat besi yang ada di dalamnya. Jika Anda menaburkan garam Himalaya ke dalam makanan Anda, maka makanan Anda akan berubah warna menjadi lebih menarik.

 

Apa saja Manfaat Garam Himalaya

Garam Himalaya mempunyai banyak manfaat. Beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari konsumsi garam Himalaya adalah:

 

1-Mengandung banyak Mineral

Garam pink ini mengandung banyak mineral dan bisa dilihat dari warna yang dimilikinya. Garam ini mengandung 80 mineral berbeda. Selain kandungan zat besi yang memberi warna pink, garam ini juga mengandung mineral magnesium, kalsium, kalium, fosfor, klorida, boron, fluoride, yodium, seng, selenium, tembaga, dan masih banyak lagi.

 

Mineral2 ini tentu diperlukan untuk tubuh. Namun, sebesar 97% garam Himalaya terdiri dari natrium klorida, dan sisanya 3% adalah mineral lain dalam konsentrasi kecil.

 

2-Mengandung Anti Mikroba

Antimikroba dalam garam selama ini dimanfaatkan untuk mengawetkan makanan. Lebih dari itu antimikroba dalam garam bermanfaat untuk kesehatan. Antimikroba dalam garam untuk tubuh untuk membantu melawan infeksi. Penelitian membuktikan asupan natrium tinggi dari garam meningkatkan respon kekebalan tubuh dan mempercepat masa penyembuhan pada tikus.

 

Karena itu, konsumsi garam Himalaya atau garam lain membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh melawan infeksi. Selain itu, menggunakan garam Himalaya untuk mandi atau dioleskan ke kulit juga dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur di kulit. (Arindra Veratamala; Bahan dari  : https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/manfaat-garam-himalaya-kesehatan/)-FatchurR  *** Bersambung……..

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close