Kesehatan

Waspadalah dengan gejala Vertigo(2/2)

(ekonomi.kompas.com)-Lanjutan dari serial tentang Vertigo : Vertigo hanya bisa disembuhkan dengan mencari tahu asal vertigo itu. Ada 2 jenis penyebabnya, yaitu sentral dan periferi. Vertigo sentral mengacu ke otak. Sedang periferi terjadi di luar otak, seperti pada telinga dan mata.

 

Jadi tubuh memiliki organ keseimbangan yaitu di telinga bagian dalam. Organ ini berhubungan dengan otak. Umumnya, penderita vertigo mengalami gangguan di bagian otak atau di bagian telinga itu. Agar ada kepastian, penderita harus mengunjungi dokter spesialis neurologi. Penderita diperiksa dengan MRI untuk mendapat gambaran pembuluh darah.

 

Gangguan di otak yang menyebabkan vertigo bisa terjadi karena luka di bagian batang otak. Selain itu, bisa juga dipicu tumor otak atau terjadi penyumbatan pembuluh darah otak yang mengganggu fungsi otak sebagai pengatur keseimbangan tubuh. Jika tidak ada gangguan di otak, alat2 keseimbangan dalam tubuh, seperti telinga dan mata akan diperiksa.

 

“Sindrom meniere ini gangguan pada telinga yang tersering dikeluhkan penderita” kata Suhanto. Sindrom meniere itu kondisi terdapat cairan pada telinga bagian dalam, sehingga menyebabkan vertigo timbul. Gejala lain, rasa penuh di telinga dan berkurangnya pendengaran yang berfluktuasi serta telinga berdengung. Selain telinga, yang kelelahan sangat pada mata juga bisa menimbulkan vertigo.

 

Kelelahan mata, terjadi ketika mata dipaksa terus bekerja, kurang tidur, atau seharian menatap layar komputer. “Kebiasaan baca sambil tiduran atau menonton sambil tiduran bisa mengundang vertigo,” kata Erin. Soalnya, ketika tiduran, mata tidak bisa mengatur asupan cahaya dengan baik dan bekerja di luar kemampuan akomodasinya.

 

Vertigo juga timbul karena lingkungan, seperti mabuk darat atau mabuk laut. Orang kurang tidur dalam waktu tertentu bisa terserang vertigo. Biasanya, vertigo ringan ini bisa hilang jika menghentikan kegiatan itu. Misalnya, cara tidur yang cukup atau menghindari perjalanan darat dan laut.

 

Vertigo ringan bisa diatasi dengan obat antivertigo. Tapi dalam waktu tertentu bisa kambuh. Jadi tandas Erin, obat itu hanya menghilangkan rasa sakit bukan menyembuhkan vertigo.

(Artikel ini telah tayang di kompas.com dengan judul “Waspadai Gejala Vertigo”,  Sanny Cicilia Simbolon; Bahan dari  : https://ekonomi.kompas.com/read/2010/08/24/11474214/Waspadai.Gejala.Vertigo)-FatchurR    *** Tamat….

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close