Kesehatan

Menghilangkan kantuk pagi hari(1/4)

(mediskus.com)-Bersyukurlah bila tiap pagi kita bisa bangun dengan sehat, segar bugar, dan bahagia. Namun ada kalanya hal itu tak terwujud. Bukan tambah prima setelah beristirahat semalaman, pagi harinya kita merasa ngantuk.

 

Buat Anda yang sering mengalami seperti ini, yuk cari tahu cara menghilangkan kantuk pagi hari. Tentu selain tidur cukup (7-9 jam), Anda mesti memperhatikan yang dilakukan pada hari / malam sebelumnya, selama tidur, dan keesokan harinya. Untuk lebih detil, mari kita simak uraiannya dalam 4 seri :
1-Hindari kafein, red wine, dan coklat

Kalau ingin segar saat bangun pagi, maka Anda harus tidur nyenyak di malam sebelumnya. Karenanya, minimalisir hal2 yang dapat membuat lambung ‘gelisah’. Kopi, red wine, dan coklat itu contoh makanan yang dapat membuat sistem pencernaan bergejolak. Jadi hindarilah mengonsumsinya selepas jam makan siang bila tak ingin sedikit2 terbangun di malam harinya.

 

2-Jangan makan sebelum naik ranjang

Selain itu, Anda sebaiknya juga tidak makan sebelum tidur. Beri jeda 2-3 jam antara waktu makan dengan tidur supaya lambung memiliki kesempatan untuk mencerna semua makanan yang dikonsumsi sebelumnya.

 

3-Jernihkan hati

Cara menghilangkan ngantuk di pagi hari berikutnya adalah menjernihkan hati sebelum tidur. Fakta membuktikan kalau kemarahan, kecemasan, dan emosi dsb membuat kita sulit terlelap. Terang saja, bagaimana mau tidur bila pikiran terus bergejolak tentang ini-itu.

 

Karena itu, usahakan naik ke ranjang dalam keadaan tenang. Jika perlu berdoalah lebih dulu atau lakukan teknik relaksasi ringan sebelum menutup mata. Berendam dalam air hangat, mendengarkan musik klasik, atau membaca buku juga membantu.

 

4-Rapikan kamar tidur

Avelino Verceles, MD, asisten profesor dari Universitas Maryland School of Medicine menyarankan : “jadikan kamar tidur hanya sebagai tempat istirahat dan berhubungan intim saja”. Hindari membaca buku, menonton TV, main game, atau bekerja di kamar.

 

Jangan juga menghitung tagihan atau melakukan obrolan serius di dalam kamar karena semua hal ini berpotensi mengganggu kualitas tidur. (Mega Aprilianti; Bahan dari :  https://mediskus.com/tips/cara-menghilangkan-ngantuk-di-pagi-hari)-FatchurR *** Bersambung……

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close