Kesehatan

Menghilangkan kantuk pagi hari(3/4)

(mediskus.com)-Kini anda sampai pada seri ke 3, silahkan : 10-Menjaga suhu ruang tetap sejuk

Yang dimaksud sejuk, tidak panas tapi juga tak terlalu dingin. Ada banyak hal untuk mewujudkannya :  Menyalakan AC, kipas angin, buka jendela, mengenakan piyama katun atau sutra.

 

Juga gunakan selimut atau seprei yang bahannya breathable. Tidur dengan jendela terbuka memiliki  keuntungan2 seperti membantu mengeluarkan CO2 (yang kita hembuskan) dari kamar sekaligus membebaskan O2 masuk ruangan. Tentunya Anda bisa memasang kawat kasa supaya nyamuk dari luar tak sampai masuk dalam kamar.

 

11-Tidur dan bangun di jam yang sama

Tak cukup hanya tidur 6-9 jam saja tiap malamnya, Anda harus melakukannya di jam yang sama. Waktu paling ideal untuk pagi hari yang aktif adalah tidur sebelum tengah malam, antara pukul 10-10.30 malam, dan bangun pada pukul 6 pagi.
Tubuh memiliki ritme sirkadian yang sebaiknya diterapkan saat weekend atau hari libur. Terlelap dan bangun di jam yang sama tiap harinya dapat membantu menghilangkan ngantuk di pagi hari. Nah buat penderita insomnia yang sulit lelap di jam yang sama setiap malamnya, jangan paksakan diri.

 

Barry menyarankan memulai dengan menetapkan jam bangun tidur yang sama tiap paginya. Tak peduli jam berapa Anda tidur, tetaplah bangun di jam yang sama tiap harinya selama beberapa minggu atau bulan. Hal ini membantu meregulasi ritme sirkadian. Tak mengapa jika kemarin malam Anda hanya tidur beberapa jam, sebab besar kemungkinan malam nanti Anda akan lebih mengantuk.

 

Alternatif lain bila terlanjur tidur terlalu malam di hari sebelumnya, dengan tidur 15 menit lebih awal selama 4 hari ber-turut2. Mengubah jam tidur jadi lebih pagi secara berkala seperti ini lebih manjur ketimbang mencoba terlelap 1 jam lebih awal dari biasanya.

 

12-Meminimalisir cahaya dan suara

Menurut New Scientist Magazine, sering terbangun malam hari karena terkejut dengar suara tertentu bisa memperpendek umur seseorang. Hal ini masuk akal karena terbangun keadaan kaget berimbas pada jantung serta bikin stres.

 

Lalu solusinya kalau lokasi kamar tidak strategis sehingga bunyi2an dari luar tidak bisa diminimalisir? Gunakan earplug. Selain suara, ruang tidur sebaiknya gelap. Gelap merangsang produksi hormon melatonin yang membantu Anda terlelap. Lakukan Ini Esok Paginya

 

13-Minum segelas air

Minum air saat perut masih kosong di pagi hari memiliki banyak manfaat, seperti mengaktifkan metabolisme, membuat tubuh lebih siaga, sekaligus mengeluarkan racun dari tubuh.

 

  1. Makan teratur, termasuk sarapan

Makan teratur – termasuk sarapan (30 menit setelah bangun tidur) – tak hanya mampu meregulasi waktu tidur, namun juga ritme sirkadian. Selain makan tepat waktu, pilihlah menu yang sehat juga.

 

Hindari makanan tinggi karbohidrat atau kopi di pagi hari agar energi tidak mengalami defisit di siang hari.  (Mega Aprilianti; Bahan dari :  https://mediskus.com/tips/cara-menghilangkan-ngantuk-di-pagi-hari)-FatchurR *** Bersambung……

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close