Wisata dan Kuliner

Gunung Rinjani ditetapkan sebagai Geopark Dunia oleh Unesco

(merdeka.com/peristiwa)-Gunung Rinjani di P. Lombok, NTB resmi ditetapkan sebagai geopark dunia. Keputusan ini diambil dalam sidang Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB (Unesco).

 

“Alhamdulillah saya dapat kabar pada sidang Unesco Executive Board, (12/4) di Paris, menetapkan Geopark Rinjani anggota baru Unesco Global Geopark,” kata GM Geopark Rinjani Chairul Mahsul. Gunung ini masuk kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR). Kawasan ini mencakup 4 wilayah di P. Lombok, mulai dari Kab-Lombok Utara, Lombok Barat, Lombok Tengah, dan Kab-Lombok Timur.

 

Salah satu pesona unggulan TNGR, Danau Segara Anak pada ketinggian 2.010 mt dari permukaan laut. Danau Segara Anak berada di sebagian Gunung Rinjani yang tingginya 3.726 meter dari permukaan laut.

 

Dilansir Antara, Gubernur NTB Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi bersyukur atas penetapan Gunung Rinjani bagian dari jaringan Geopark Dunia atau UNESCO Global Geopark (UGG). TGB berterima kasihpada panel UNESCO yang sudah menetapkan Gunung Rinjani menjadi UGG.

 

“Terima kasih juga kepada seluruh kepala daerah yang terkait dengan Geopark Rinjani dan seluruh masyarakat NTB yang berusaha berdoa dan kegiatan untuk bisa mendukung upaya kita menjadikan Rinjani menjadi bagian Geopark Rinjani,” katanya.

 

Setelah penetapan Gunung Rinjani menjadi UGG, tugas selanjutnya membenahi dan memastikan kualitas lingkungan di Geopark Rinjani. Khususnya kebersihan di pusat2 keramaian kawasan itu.

 

“Misal, Gunung Rinjani yang jadi lokasi ‘trekking’ agar mutu lingkungan dijaga. Malu kita, jika ada isu kebersihan. Ayolah kita bantu diri kita, bangun daerah dengan kekuatan kita, jaga kehormatan daerah dengan tidak merusak daerah ini. Yang datang ke Rinjani pastikan adik atau saudara, pendaki gunung dan penikmat keindahan alam tidak mengotori Rinjani dan jaga kebersihan” jelas TGB.

 

Yang tidak kalah penting, melakukan pembenahan sarana prasarana di kawasan TNGR. Terutama yang berkaitan dengan sarana umum. Sebab, dengan penetapan Gunung Rinjani menjadi UGG akan jadi keunggulan baru untuk “ecotourism” di NTB.

 

“Begitu ditetapkan ramai2 orang datang, tidak seperti itu juga. Namun yang namanya global itu dampaknya pasti ada dan besar”. Dengan adanya penetapan ini maka potensi daerah bertambah dan pariwisata NTB lebih berkembang, tenaga kerja akan lebih banyak terserap, dan industri kreatif akan terus berkembang, namun dengan tetap memperhatikan kualitas lingkungan.

 

“Yang lebih penting dari penetapan ini, kita akan lebih hati2 mengembangkan kawasan penting di daerah ini, sehingga harus dijaga jangan sampai kualitas lingkungannya menurun,” kata Zainul Majdi.  (Noe; Wisnooe Moerti; Bahan dari : https://www.merdeka.com/peristiwa/gunung-rinjani-resmi-ditetapkan-sebagai-geopark-dunia-dari-unesco.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close