Kesehatan

Puasa jadi momen mulai bergaya hidup Sehat

(lifestyle.sindonews.com)-Jakarta; Awal puasa atau 1 Ramadhan resmi ditetapkan Kamis (17/5/18). Datangnya bulan suci Ramadhan tak hanya dimanfaatkan memperbanyak ibadah namun juga momen untuk memulai gaya hidup sehat.

Misalnya, mengontrol atau menjaga asupan makanan dan minuman hingga berhenti kebiasaan buruk seperti merokok. Para ahli membenarkan saat puasa banyak orang menjalani hidup lebih sehat. “Puasa adalah momen move on. Move on dari apa saja. Karena kalau Anda puasa, saat sahur sampai buka nggak merokok. 14 Jam Anda gak bisa merokok,” ungkap dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH.

Untuk makanan, dr Ari menyarankan untuk tidak balas dendam saat berbuka puasa. Pasalnya, dengan mengontrol asupan makanan dan minuman, puasa terbukti dapat membantu menurunkan berat badan hingga menghindari penyakit diabetes dan lainnya.

“Pasti makan nggak full. Karena nggak boleh ada istilahnya balas dendam buka itu untuk menggeser makan siang. Saat puasa kita kurangi makan dari 3 (porsi) jadi 2. Saya anjurkan pasien2 hipertensi saya untuk berpuasa. Dengan berpuasa dia pasti makanannya akan dijaga dan dikurangi,” kata dia. (alv; Diana Rafikasari; Bahan dari :  https://lifestyle.sindonews.com/read/1306193/155/puasa-menjadi-momen-untuk-memulai-gaya-hidup-sehat-1526436451)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close