Kesehatan

Mitos dan Pencegahan Hipertensi(1/2)

(hellosehat.com)-TEKANAN DARAH TINGGI bisa berakibat fatal jika terus dibiarkan. Terlebih, hipertensi tidak menunjukkan gejala sama sekali sehingga banyak yang terlambat diobati. Tak sedikit mitos2 dan kabar burung menyesatkan seliweran soal hipertensi, yang membuat langkah2 pencegahannya sia-sia.

 

Mengenal tentang kondisi ini bisa membantu Anda mendeteksi lebih dini tiap gejala yang timbul serta merancang cara mencegah hipertensi terjadi pada Anda. Anda dapat memulai dengan mempelajari fakta yang benar dan yang salah tentang tekanan darah tinggi di artikel ini.

 

Tidak ada cara pencegahan hipertensi

Salah.

 

Hipertensi bisa dihindari dengan cara tepat. Justru ketika Anda terlanjur kena hipertensi, kondisi ini tidak bisa disembuhkan; hanya bisa dan harus dikendalikan seumur hidup agar tidak timbul komplikasi hipertensi. Ada banyak langkah pencegahan hipertensi yang bisa Anda Anda lakukan, seperti:

 

  • Jaga berat badan tetap sehat di ambang normal. Kombinasi pola makan sehat serta olahraga yang rutin adalah cara yang tepat untuk jaga berat badan ideal.
  • Pilih makanan yang bernutrisi dan rendah lemak, gula, dan garam.
  • Batasi konsumsi garam. Garam mengandung natrium yang bisa bikin tekanan darah melonjak.
  • Batasi konsumsi alkohol.

 

  • Berhenti merokok dan hindari paparan asap rokok.
  • Ber-OR rutin. Berolahragalah setidaknya 30 menit sehari, 5 hari dalam seminggu. Berolahraga dapat meringankan stress dan menjaga berat badan Anda.
  • Hindari stress. Zat kimia yang diproduksi tubuh akibat stress dapat menyebabkan jantung berdebar lebih cepat dan kencang sehingga pembuluh darah menyempit.

 

Tanyakan pada dokter untuk saran dan bagaimana mencegah darah tinggi sesuai dengan kondisi kesehatan Anda saat ini.

 

Hipertensi tidak berbahaya

Salah

 

Hipertensi dapat pamor the silent killer alias diam2 mematikan karena meski tidak menunjukkan gejala berarti, dalam jangka panjang tekanan darah tinggi dapat membunuh Anda.

 

Tekanan darah tinggi menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah, jantung, ginjal, dan organ lainnya pada tubuh. Penyakit jantung dan stroke disebabkan darah tinggi itu penyebab kematian utama di banyak negara, termasuk Indonesia.

 

Maka, cepat2lah menerapkan cara mencegah hipertensi sebelum mengalaminya agar tak berisiko kena penyakit kronis. (Nimas Mita Etika M; Bahan dari : https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/hipertensi-tekanan-darah-tinggi/pencegahan-hipertensi-cara-mencegah-hipertensi/)-FatchurR * Bersambung…………

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close