Kesehatan

Jumlah Kalori Santapan Lebaran

(1health.id/)-Ber-macam hidangan Lebaran tentu menggugah selera makan. Apalagi ada menu makanan yang hanya dapat dinikmati saat Lebaran. Anda pasti tidak me-nyia2kan menyantapnya. Namun sebelum memutuskan mengonsumsi, sebaiknya Anda tahu dulu jumlah kalori dalam makanan2 itu.

 

Dengan tahu kalori dalam makanan2 itu, maka mengetahui cara yang dapat Anda lakukan membakar kalori nya. Kalori yang tertimbun di tubuh menyebabkan kenaikan berat badan. Berikut jumlah kalori makanan khas Lebaran dan cara membakar kembali kalori yang terdapat di dalamnya.

 

Opor Ayam (perporsi/100gram)

Dalam 1 porsi opor ayam, ada 415 kilo kalori. Untuk membakar kalori dalam seporsi opor ayam, Anda harus berlari atau jogging dengan kecepatan sedang 1 jam. Coba bayangkan bila sehari menghabiskan 2-3 porsi opor ayam, apalagi bila Anda menyantap bersama ketupat dan sayur. Makin banyak opor ayam disantap, maka makin lama juga Anda harus berlari untuk membakar kalorinya.

 

Rendang daging (per porsi/100gram)

Rendang daging tanpa nasi mengandung kalori 518 kilo kalori per porsinya. Bila Anda menyantap rendang saat Lebaran, Anda harus bersepeda 1,5 jam untuk membakar kalorinya. Anda bisa melakukan bersama seluruh anggota keluarga agar kegiatan bersepeda terasa lebih ringan dan menyenangkan.

 

Sambal goreng hati (per porsi/100gram)

Selain opor ayam dan rendang, sambal goreng hati itu salah satu makanan pendamping yang  ada saat Lebaran. Bila mengonsumsinya 1 porsi atau setara dengan 100 gram, maka akan ada 346 kilo kalori yang masuk tubuh. Untuk membakarnya, Anda harus melakukan OR aerobik 1jam.

 

Sayur lodeh (per porsi/100gram)

Tidak lengkap bila mengonsumsi ketupat tanpa sayur pepaya atau sayur lodeh. Dalam 1 porsi sayur lodeh terdapat kalori 250 kilo kalori. Untuk membakarnya Anda dapat berjalan kaki 1,5 jam. Berjalan kaki bisa jadi kegiatan menyenangkan bila dilakukan bersama keluarga. Anda dapat berjalan di taman atau menikmati pemandangan di kampung halaman Anda.

 

Semur daging (per porsi/100gram)

Olahan daging yang sering disajikan saat Lebaran : Semur daging. Dalam 1 porsi semur daging ada 515 kilo kalori. Sama dengan menyantap rendang, maka Anda harus membakar kalori dalam semur daging dengan bersepeda 1,5 jam. Jadi Anda tidak perlu khawatir risiko kenaikan berat badan setelah Lebaran.

 

Meski kalori dalam makanan2 itu dapat Anda hilangkan dengan ber-OR, bukan berarti Anda dapat menyantapnya sesuka hati Anda. Tetap batasi jumlahnya agar tidak menyebabkan gangguan kesehatan seperti kolesterol, hipertensi, dan asam urat. (Rianti Fajar; Bahan dari : http://www.1health.id/id/article/category/diet-dan-nutrisi/ini-jumlah-kalori-dalam-santapan-lebaran-9894.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close