Selingan

Tradisi ramadhan di Indonesia (2/5)

(halomoney.co.id)-Seri kedua dari Tradisi Jelang Ramadan : 3-Meugang Aceh

Meugang, tradisi khas masyarakat Aceh yang berlangsung ratusan tahun silam di masa Kerajaan Aceh dipimpin Sultan Iskandar Muda.

 

Ketika itu Sultan Iskandar Muda memotong hewan dalam jumlah banyak dan dagingnya dibagikan ke seluruh masyarakat, menjelang kedatangan Ramadhan. Masyarakat Aceh menggelar tradisi Meugang 3x  dalam setahun, yaitu saat Ramadhan, Idul Fitri dan Idul Adha.

 

Menyambut Ramadhan, tradisi Meugang berlangsung satu hari sebelum Ramadhan di areal pedesaan. Sedang di Aceh perkotaan, Meugang berlangsung 2 hari sebelum bulan puasa.

 

Dalam tradisi ini, masyarakat Serambi Mekkah akan memasak daging dan menikmatinya bersama keluarga, kerabat dan yatim piatu sebagai rasa syukur selama 11 bulan mencari nafkah. Selain kambing dan sapi, ayam dan bebek ikut disembelih. Daging dimasak dirumah, setelah itu masyarakat Aceh berbondong membawa hidangan ke mesjid untuk dimakan bersama tetangga.

 

4-Perlon Unggahan-Banyumas Jateng

Perlon Unggahan, tradisi khas masyarakat Banyumas, Jateng, yang berlangsung sejak beberapa abad silam. Tradisi ini berlangsung seminggu sebelum bulan puasa yang dilakukan masyarakat di Desa Pekuncen, Jatilawang, Banyumas, Jateng.

 

Ritualnya berupa ziarah kubur leluhur yaitu ke makam Bonokeling tanpa alas kaki sambil mengusung nasi ambeng. Pengikut adat ini berjalan kaki hingga 30 km dari Cilacap, melintasi perbukitan yang memisahkan Banyumas dan Cilacap.

 

Di makam Bonokeling itu, 6 Kasepuhan berdoa, yaitu Kasepuhan Kyai Mejasari, Kyai Padawirja, Kyai Wiryatpada, Kyai Padawitama, Kyai Wangsapada, dan Kyai Naya Leksana. Setelah itu, diadakan makan besar yang diramaikan warga sekitar.

 

Dalam tradisi ini, tersedia makanan2 tradisional seperti nasi bungkus, serundeng sapi dan sayur kuah. Masyarakat biasanya berebut makanan2 itu dan meyakini makanan ini menambah keberkahan di bulan puasa. (Ruisa Khoiriyah; Bahan dari :  https://www.halomoney.co.id/blog/tradisi-unik-bulan-ramadhan-yang-hanya-ada-di-indonesia)-FatchurR * Bersambung………..

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close