Selingan

Miliuner Norwegia serahkan hampir seluruh Hartanya ke Masyarakat

(bbc.com/indonesia)- Miliuner Norwegia, Kjell Inge Roekke, berjanji akan menyumbangkan hampir semua kekayaannya ke masyarakat. Pada wawancara dengan harian Aftenposten yang terbit (02/05), Roekke menjelaskan pemilik terbesar kekayaan yang ia dapatkan adalah masyarakat.

 

Sumbangan pertama berbentuk pembuatan kapal penelitian tentang kondisi laut dan cara membersihkan laut dari sampah dan polusi. “Saya akan menyerahkan sebagian besar kekayaan yang saya dapatkan. Kapal adalah bagian dari rencana ini” kata Roekke.

 

Pebisnis (58) ini tak menjelaskan biaya pembuatan kapal, namun dalam operasionalnya nanti akan menggandeng unit World Wide Fund for Nature (WWF) di Norwegia. Menurut Aftenposten, kapal penelitian ini diberi nama REV, kependekaan dari research and expedition vessel atau kapal ekspedisi dan penelitian. Kapal ini memiliki 30 awak dan bisa membawa hingga 60 saintis.

 

Salah satu kemampuan kapal itu menyedot sampah plastik di laut dan membakarnya di atas kapal tanpa mengeluarkan emisi beracun, dengan kapasitas lima ton sampah plastik per hari. “Kami akan melakukan sejumlah eksperimen mengenai cara2 membersihkan laut dari sampah plastik,” kata Roekke.

 

Laut memberinya banyak peluang usaha dan pembuatan kapal adalah salah satu bentuk terima kasih. Kekayaan Roekke -yang dilaporkan sebagai orang terkaya nomor 10 di Norwegia- diperkirakan US$2 miliar atau Rp26,6 triliun.

 

Ia pemegang saham mayoritas perusahaan Aker ASA, yang antara lain mengontrol perusahaan minyak Aker BP dan pemasok industri minyak, Aker Solutions and Kvaerner, kata kantor berita Reuters. (Bahan dari : http://www.bbc.com/indonesia/majalah-39779458)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close