Kesehatan

Merefleksi diri-Selagi Masih Ada Waktu(2/3)

Cara Menggunakan Waktu

Allah Swt. memberi petunjuk, cara menggunakan waktu, menyikapi tiap episode kehidupan. Ketika kita berkondisi taat pada Allah, tingkatkan terus kualitas ibadahnya. Ketika kita terjerumus pada tindakan maksiat, cepatlah beristighfar mohon ampunan, dan bertaubat.

 

Ketika kita mendapat nikmat dari Allah, banyak2lah bersyukur. Saat kita dapat musibah, bersabarlah dan segera introspeksi diri, berikhtiar cari solusi. Yakinlah di balik kesulitan pasti ada kemudahan.

 

Di tengah kesibukan, kadang kita lupa menyisihkan waktu berpikir tentang arti kehidupan yang kita jalani, dan ke arah mana kita menuju. Padahal dengan sedikit waktu merenung, mungkin banyak perubahan yang akan bisa kita raih. Ya, merenung berarti sejenak kita berpikir mendalam, untuk menjernihkan hati dan pikiran.

 

Dengan merenung, kita dapat ambil hikmah dari peristiwa yang pernah kita lalui, merefleksi, introspeksi, dan evaluasi diri, dan membuat keputusan, atau berpikir lain dalam konteks lebih positif. Mengapa hal ini perlu kita lakukan?

 

Perlu disadari hidup ini akan lebih indah  jika kita sukses, dunia-akhirat, jadi orang saleh dan banyak berbuat kebaikan. Percayalah bahwa tak ada jalan pintas menuju sukses. Faktanya, kadang keringat dan air mata bercucuran tapi hasilnya kegagalan, kesengsaraan, dan penderitaan. Kata2 sukses bukan mendekat, malah menjauh. Mengapa nasib tak berubah? Apa yang salah dalam menggapai sukses?

 

Sukses itu kata2 indah harapan semua orang. Sayangnya ia selektif, tidak akan datang menghampiri tiap orang. Hanya orang2 yang memenuhi syarat yang bisa sukses. Jika Anda tidak yakin datangnya sukses, maka makin menjauhlah sukses yang didambakan. Meraih sukses itu proses panjang bagai perjalanan yang harus ditempuh melalui banyak rintangan.

 

Sukses tidak akan menghampiri orang2 yang hanya ber-angan2 atau berpangku tangan, atau hanya mengucapkan kata2 tanpa ada usaha sungguh2. Sukses dapat diraih hanya dengan tindakan nyata penuh perjuangan dan pengorbanan. Masalahnya, suksesnya sangat disenangi orang, tapi perjuangan dan pengorbanan inilah paling dibenci kebanyakan orang.

 

Mereka tidak sadar sukses adalah sistem yang tidak dapat dipisahkan. Hidup itu pilihan, dan sukses adalah peluang. Maka siapa yang pandai memanfaatkan peluang, ia akan memiliki garis kehidupan yang lebih baik. Sukses tidak diskriminatif. Anda juga punya hak untuk menjadi orang hebat.

 

Rahasia ini memberi pemahaman, perubahan hidup yang lebih baik hanya datang pada orang yang mau berusaha mendapatkannya dengan antusias, bukan pada mereka yang hanya berharap tanpa berbuat apa2. Masalahnya, kapan Anda mau menemukan kesadaran agar hidup Anda berubah lebih baik?

 

 

 

Hidup menyimpan misteri2 dan sejuta teka-teki. Kadang sulit dipahami pikiran, kecuali dengan hati dan iman. Manusia harus berjuang dan yakin akan datangnya sukses.  Allah akan memberi jalan keluar dari tiap kesulitan, dan memberi rezeki dari arah yang tak di-sangka2.

 

Jadi milikilah kekuatan batin mengubah kehidupan jadi lebih baik. Tanyalah pada jiwa, apakah Anda termasuk orang sukses atau gagal?

(Bandung, 28/11/2011; Muchtar  A.F; Taman Kopo Indah C-36 Bandung Tlp.: 022.5400.888 & 0811.204.888; E-mail: muchtar_af@yahoo.com dari grup WA-VN)-FR * Bersambung………..

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close