Iptek dan Lingk. Hidup

Wisata Alam Indonesia Melalui Aplikasi

(travel.kompas.com) JAKARTA, Kemen-LHK meluncurkan aplikasi “Wisata Alam Indonesia”. Aplikasi ini menyediakan menu2 pilihan, yaitu peta wisata alam, agenda tahunan, taman nasional, taman wisata alam, galeri foto, video, pengaduan masyarakat, dan etika berkegiatan di alam.

 

Informasi diluncurkannya aplikasi Wisata Alam Indonesia diunggah akun resmi Instagram Kemen-LHK melalui akun Instagram-nya, @kementerianlhk. Aplikasi Wisata Alam Indonesia ini menyediakan beberapa menu pilihan, di antaranya:

 

1-Menu “Peta Wisata Alam” Pada bagian menu peta wisata alam, ada peta wilayah dengan titik2 lokasi taman nasional dan taman wisata alam.

2-Menu “Agenda Tahunan” Menu ini menyediakan info agenda yang dikelompokkan bulan terlaksananya kegiatan, berkaitan dengan taman nasional dan taman wisata alam di Indonesia.

 

Informasi itu salah satunya, acara yang akan dilaksanakan di Taman Nasional (TN) Gunung Rinjani yaitu Rinjani Extreme Challenge Downhill Mountain Bike. Ini acara bersepeda tahunan yang digelar di kawasan TN Gunung Rinjani dengan menggunakan rute jalur sepeda yang telah ditetapkan.

 

3-Menu “Taman Nasional” Menu ini menyediakan info 54 taman nasional di Indonesia. Di dalamnya dilengkapi informasi mengenai taman nasional itu, seperti gambaran umum taman nasional, luas taman nasional, lokasi, peta kawasan, website masing2 taman nasional, pengelola taman nasional, objek wisata, flora, fauna, galeri foto, dan galeri video.

 

4-Menu “Taman Wisata Alam” Pilihan menu ini menyediakan info 119 taman wisata alam di Indonesia. Informasi yang disediakan, gambaran umum taman wisata alam, dilengkapi dengan lokasi dan peta kawasan. Selain itu, terdapat informasi mengenai website dan pengelola taman wisata alam tersebut.

 

5-Menu “Galeri Foto” Pada menu galeri foto, terdapat foto2 berkaitan dengan taman nasional dan taman wisata alam di Indonesia. Menu ini dilengkapi info mengenai objek wisata, flora, atau fauna yang ada di masing-masing taman nasional.

 

6-Menu “Video” Menu video menyediakan informasi mengenai video dari taman-taman nasional yang ada di Indonesia, di antaranya TN Gunung Leuser, TN Komodo, TN Aketajawe Lolobata, TN Bromo Tengger Semeru, TWA Teluk Yotefa, TWA Mangolo, dan TN Sebangau.

 

7-Menu “Pengaduan Masyarakat” Menu ini form pengaduan masyarakat untuk menyampaikan aspirasi terkait permasalahan di lapangan berkaitan wisata alam Indonesia. Ketika mengisi form ini, pengguna otomatis diarahkan ke aplikasi email pengguna. E-mail itu langsung tertuju ke kementerian terkait dengan subjek pengaduan masyarakat.

 

8-Menu “Etika Berkegiatan di Alam Bebas” Menu ini menyediakan etika2 saat berkegiatan di alam bebas, seperti sikap saat berkegiatan di alam bebas. Terdapat tips ketika berkegiatan di alam bebas. Ada imbauan2 membuang sampah dengan benar, serta menjaga ekosistem yang ada.

 

Terdapat juga info mengenai Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi (Simaksi), dilengkapi cara pengajuan Simaksi, tata cara perpanjangan simaksi, dsb bersumber dari Peraturan Dirjen PHKA Nomor P.7/IV-SET/2011 tentang Tata Cara Masuk Kawasan Suaka Alam dan Kawasan Pelestarian Alam. Aplikasi ini dapat diunduh di Google Playstore.

(Artikel ini telah tayang di Kompas.com; dengan judul “Jelajahi Wisata Alam Indonesia melalui Aplikasi Ini “, Penulis : Mela Arnani; Editor : Inggried Dwi Wedhaswary; Bahan dari : https://travel.kompas.com/read/2018/07/09/211132827/jelajahi-wisata-alam-indonesia-melalui-aplikasi-ini)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close