Iptek dan Lingk. Hidup

Binatang transparan

KOMPAS.com — Setiap satwa di Bumi memiliki keunikan. Ada yang berukuran sangat kecil, ada yang  sangat besar. Ada yang indah, ada pula yang buruk. Salah satu yang memukau adalah binatang transparan hingga “jeroannya” terlihat dari luar. Apa saja-hewan-hewan itu?

 

Ikan Transparan Amazon

Cyanogaster noctivaga berada di sungai besar di dunia yang terus dieksplorasi. Namun, penampakan yang transparan, sifat yang aktif pada malam hari, dan ukuran yang hanya 17 mm membuat spesies ini baru saja ditemukan.

Lebah Emas

Lebah emas (Charidotella sexpunctata) adalah lebah yang cuma berukuran 5-8 mm. Lebah ini mirip bunglon karena mampu mengubah warna tubuhnya dari emas jadi kemerahan. Lebah jenis ini bisa mengubah warna dengan memantulkan cahaya lewat cairan yang tersimpan di bawah lapisan kutikulanya yang transparan.

Katak Gelas

Katak gelas (Hyalinobatrachium pellucidum) adalah hewan unik yang berhabitat asli di hutan dan sungai wilayah Ekuador. Berwarna hijau pucat, ada bagian katak ini yang transparan sehingga bagian luar tubuhnya terlihat dari luar. Sayang, spesies ini terancam punah karena kerusakan habitatnya.

Malaikat Laut

Malaikat laut temasuk golongan hewan lunak. Hewan yang punya nama ilmiah Gymnosomata ini berasal dari Laut Arktik. Hewan ini cantik tetapi kanibal, bersifat hermafrodit, dan punya kekerabatan dengan kupu-kupu laut.

Salamander Barton Springs

Salamander Barton Springs (Eurycea sosorum) adalah salamander yang tak punya paru-paru serta khas wilayah Barton Springs, Texas. Hewan ini punya warna merah kecoklatan transparan hingga telur dan bahkan makanan yang baru saja dimakannya terlihat dari luar.

 

Kecebong Transparan

Kecebong transparan adalah merepresentasikan fase kecebong dari salah satu jenis katak di Kosta Rika. Saking transparannya, usus dari kecebong ini terlihat jelas.

 

Pupa Kupu-kupu Raja

Pupa adalah salah satu periode metamorfosis kupu-kupu sebelum dewasa. Pupa kupu-kupu raja punya bagian luar yang transparan sehingga bakal kupu-kupu yang ada di dalamnya terlihat jelas. (BRX; Sumber : National Geographic News)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close