Opini dan sukses bisnis

Bisnis yang bisa dilakukan bila tinggal di desa(3/3)

(ekonomi.kompas.com)-4-Barbershop
Jika Anda ahli memotong rambut, usaha barbershop atau potong rambut bisa dijadikan peluang dengan syarat tidak ada pesaing lain yang beroperasi di sekitar tempat usaha Anda. Karena bisnis ini beroperasi di desa, tarif pangkas rambut yang ditetapkan sebaiknya sesuai kondisi perekonomian di desa.

 

Saat menggeluti bisnis ini, Anda harus selalu up to date mengenai tren rambut yang diminati masyarakat. Anda bisa mencari-cari model rambut kekinian di internet, lalu mempelajarinya untuk mendapat hasil pangkasan yang bagus.

 

5-Bimbingan Belajar
Ilmu yang Anda dapatkan dari bangku sekolah atau perkuliahan jangan didiamkan begitu saja. Bagaimana jika Anda coba membuka usaha bimbingan belajar di desa? Bisnis ini dapat berkembang dengan pesat karena tenaga pengajar di desa masih terbatas.

 

Tidak perlu membuka bimbel untuk semua mata pelajaran. Cukup mata pelajaran yang paling Anda kuasai saja agar ilmu yang dibagikan ke anak2 menjadi lebih maksimal. Jadilah Pengusaha Sukses meski di Desa Tak ada alasan untuk tidak meraih sukses berwirausaha meski tinggal di desa.

 

Justru di desalah peluang Anda meraih kesuksesan dari usaha yang dirintis semakin besar. Selain belum banyak saingan, berbisnis di desa juga bisa menekan biaya operasional atau investasi awal, semisal tanah, karena harganya juga tak semahal di perkotaan.

(Artikel ini telah tayang di Kompas.com; dengan judul “Jangan Bingung, Ini Bisnis yang Bisa Dilakoni bila Tinggal di Desa”, Editor : Bambang Priyo Jatmiko; Bahan dari :  cermati.com dan https://ekonomi.kompas.com/read/2018/09/09/080000326/jangan-bingung-ini-bisnis-yang-bisa-dilakoni-bila-tinggal-di-desa)-FatchurR * Tamat…….

 

*** Jangan lupa anda yang Pensiunan disarankan bergabung dengan BPTg, (komunitas Bisnis Pensiunan grup Telkom), untuk menambah wawasan atau bertukar informasi dsb. (FR)

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close