Iptek dan Lingk. Hidup

Percepat Digitalisasi Layanan Publik-Pemerintah Gaet Cisco

(inet.detik.com)-JAKARTA; Pemerintah mempercepat agenda digilitasi guna lebih cepat dan efektif dalam memberi layanan. Untuk mencapainya, pemerintah bekerja sama dengan perusahaan teknologi Cisco. Kedua pihak mengumumkan penyelenggaraan program Country Digital Acceleration (CDA).

Kesepakatan ini diumumkan ketika pertemuan antara Presiden RI dengan Presiden Cisco ASEAN Naveen Menon dan Managing Director Cisco Indonesia Marina Kacaribu. Pertemuan ini di sela2 Forum Ekonomi Dunia tentang ASEAN (World Economic Forum on ASEAN) di Hanoi, Vietnam.

Sebelumnya, tim CDA Cisco juga bekerja sama dengan pemerintahan di dunia,  di tingkat nasional dan di tingkat negara bagian. Indonesia adalah negara pertama di ASEAN yang jadi bagian program ini. Managing Director Cisco Indonesia Marina Kacaribu mengatakan, usaha Indonesia mewujudkan misi dari agenda digital Nasional, ada 2 area utama yang akan jadi penentu keberhasilannya.

Pertama, perlu memastikan kemampuan keamanan siber di Indonesia dapat sejalan dengan adopsi digital, sehingga tetap selangkah lebih maju dari pelaku ancaman siber. “Kami akan bekerja sama dengan pemerintah berkoordinasi dan pelaksanaan kebijakan keamanan siber nasional. Indonesia juga butuh tenaga2 kerja mahir teknologi,” tutur Marina tertulis (15/9/18).

Cisco Networking Academy melatih lebih dari 212.000 siswa di Indonesia, melalui kontribusi bentuk alat, sumber daya, dan instruktur. Total 212.000 siswa ini partisipasi siswa Networking Academy terbesar ke-2 di kawasan ASEAN. “Kami harap kerjasama dengan pemerintah ini mampu menciptakan tenaga kerja andal di masa depan” kata Marina.

Tom Lembong, BKPM menuturkan perekonomian Indonesia bertransformasi jadi ekonomi digital, seiring tren saat ini dan meningkatnya jumlah penduduk kelas menengah berikut tenaga kerja muda yang mahir teknologi. “Kami perkirakan 2-3 miliar dolar per tahun akan diinvestasikan ke sektor e-commerce”.

Maka dari itu, pemerintah harus menyediakan platform yang andal dan merumuskan peraturan untuk memastikan bahwa ekonomi digital mematuhi standar keamanan dunia maya serta memberikan kontribusi bagi kemakmuran masyarakat.

“Kami percaya kolaborasi ini akan mendukung tidak hanya e-Commerce dan ekonomi digital, tetapi juga perkembangan Revolusi Industri 4.0 di Indonesia,” tandasnya. (agt; afr; Agus Tri Haryanto; Bahan dari : https://inet.detik.com/cyberlife/d-4212846/percepat-digitalisasi-layanan-publik-pemerintah-gaet-cisco)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close