Iptek dan Lingk. Hidup

Corona Di Indonesia Beda Dari 3 Tipe Utama Dunia

(health.detik.com)-JAKARTA; Virus Covid-19 di Indonesia berbeda dari 3 tipe utama yang diketahui beredar di dunia. Hal ini diketahui setelah peneliti dari Lembaga Biologi Molekuler Eijkman melakukan whole genome sequencing (WGS) alias analisis genetik pada 3 sampel virus dari pasien positif.

 

Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Bambang Brodjonegoro mengatakan perbedaan tipe ini terjadi karena virus Corona bermutasi.

 

“Sejauh ini, dari informasi GISAID, ada tiga tipe COVID-19 di dunia. Ada tipe S, tipe G, dan tipe V. Di luar tiga tipe itu, ada yang disebut sebagai tipe lain. Jadi yang belum teridentifikasi. Dan whole genome sequences yang dikirim Indonesia termasuk kategori yang lainnya,” kata Bambang beberapa waktu lalu.

 

Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Profesor Amin Soebandrio, mengaku belum bisa memastikan dampak dari mutasi Virus Covid-19 ini. Perlu analisis data rangkaian genetik yang lebih banyak untuk bisa mengetahui apakah mutasi membawa perubahan fungsi pada virus.

 

“Kita belum mempelajari sampai sana, mutasi-mutasinya itu bagian mana saja. Apakah mempengaruhi struktur, fungsi, perjalanan penyakit, dan sebagainya. Itu kita belum punya data ke arah sana,” kata Prof Amin kepada detikcom, Rabu (6/5/2020).

 

Informasi mengenai perbedaan genetik ini dijelaskan akan berpengaruh terhadap pengembangan vaksin virus Corona COVID-19 di Indonesia. Vaksin akan dibuat menyesuaikan dengan tipe yang ada.

 

“Ini akan berpengaruh. Kita akan melihat virus-virusnya itu sebagian besar sequence-nya kayak apa, jadi kita menyesuaikan strategi pembuatan vaksin. Disesuaikan dengan virus yang bersirkulasi di Indonesia,” lanjut Prof Amin.

 

(fds/up; Firdaus Anwar; Bahan dari : https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5004958/corona-di-indonesia-beda-dari-3-tipe-utama-dunia-ini-penjelasan-eijkman?_ga=2.241651205.666204227.1589033587-463280980.1577558259)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close