Iptek dan Lingk. Hidup

Tanpa Pilot Airbus Sukses Terbangkan Helikopter

(autotekno.sindonews.com)-LONDON; Helikopter otonom Airbus diuji coba terbang. yaitu Airbus Helicopter VSR700. Ini uji coba terbang otonom yang pertama kali dilakukan untuk helikopter itu.

Pengujiannya di daerah selatan Prancis berdurasi terbang 10 menit tanpa pilot. Ini bukan penerbangan pertama kali. Sebelumnya helikopter otonom ini pernah diuji coba terbang. Helikopter yang dibuat berbasis dari Guimbal Cabri G2 ini pernah terbang pada November-2019. Namun itu hanya dengan ketinggian 30 meter dan tersambung dengan kabel untuk memenuhi persyaratan yang diperlukan.

Helikopter ini akan menjalankan berbagai misi seperti misi pengamatan serta pengintaian target (ISTAR), keamanan perairan, peralatan anti kapal selam (ASW dan ASuW) dan perairan serta SAR

 

Mesin helikopter otonom ini ditenagai diesel yang memiliki ukuran 6,2 meter. Helikopter itu dirancang agar dapat bekerjasama dengan helikopter besar lain dalam melakukan pengawalan dan juga kapal perang lain. Helikopter VSR700 ini dapat terbang 8 jam dengan muatan penuh juga dapat terbang dengan kecepatan sampai 80 KM per jam.

Pihak Airbus mengatakan kalau helikopter ini nantinya akan melakukan beberapa uji coba di lautan yang akan dilakukan mulai tahun depan.

Bruno Even, CEO Airbus Helicopter mengatakan kalau penerbangan bebas yang dilakukan oleh VSR700 adalah langkah besar untuk melakukan uji coba di lautan yang akan dilakukan pada akhir tahun 2021 sebagai salah satu bagian dari studi drone angkatan laut Prancis.

Dengan dilakukannya proses penerbangan pada helikopter otonom VSR700 milik Airbus tersebut diharapkan memberikan hasil yang positif untuk penerbangan helikopter otonom kedepannya.

 

(wbs; Wahyu Budi Santoso;  Bahan dari : https://autotekno.sindonews.com/read/134098/124/tanpa-pilot-airbus-sukses-terbangkan-helikopter-vsr700-1597424916)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close