Iptek dan Lingk. Hidup

Beli sayur dengan ujung jari

PERNAHKAH Anda membayangkan belanja sembako tanpa berdesakan di pasar ataupun supermarket? Ibu rumah tangga atau ibu pekerja yang sibuk dengan rutinitas dan tidak sempat berbelanja kebutuhan pokok kerap memilih makanan instan yang belum terjamin kebersihan dan kandungan gizinya. Kemajuan teknologi sejumlah aplikasi siap membantu para ibu membeli kebutuhan bahan makanan.

Salah satunya aplikasi Happy Fresh yang dapat diunduh secara gratis di Play Store dan App Store. Aplikasi tersebut mirip dengan aplikasi belanja lainnya, yang membedakan ialah barang yang dijual.

Aplikasi berukuran 11,24 MB itu menjual bahan-bahan makanan sehari-hari seperti sayur-mayur, daging sapi, daging ayam, dan ikan yang dapat diantar ke rumah Anda.

Cara untuk berbelanjanya pun cukup mudah. Anda tinggal registrasi dan menyalakan GPS untuk mencari supermarket terdekat dengan lokasi Anda. Setelah memilih toko, Anda bisa memilih bahan makanan yang Anda inginkan dari supermarket ternama seperti Ranch Market dan Farmer Market.

Setelah memilih belanjaan, barang bisa dikirim dalam waktu 60 menit atau Anda bisa memilih waktu untuk pengiriman barang. Setiap tahapan belanja yang dilakukan, aplikasi tersebut akan memberikan notifikasi kepada Anda, termasuk setelah barang diterima dan Anda menandatangani penerimaan secara elektronik, notifikasi akan keluar.

Cara pembayaran juga bisa dilakukan dengan dua cara, debit atau kartu kredit dan tunai. Sayangnya aplikasi tersebut baru bisa melayani di area Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Tangerang Selatan, dan Kuala Lumpur.

Biaya pengirimannya masih digratiskan jika Anda baru pertama kali membeli dan jika belanjaan di atas Rp700 ribu. Namun jika total belanjaan Anda di bawah Rp700 ribu, akan dikenai biaya antar Rp25 ribu. Jika belanjaan Anda di bawah Rp300 ribu, biaya antarnya Rp40 ribu.

Bukalapak
Selain aplikasi Happy Fresh, ada pula situs Bukalapak.com yang juga tersedia bentuk aplikasinya di Play Store dan dapat diunduh secara gratis. Bukalapak sebenarnya situs belanja daring beragam keperluan termasuk makanan.

Makanan yang dijual dalam situs tersebut sangat beragam seperti makanan siap konsumsi, camilan, bumbu dapur, teh, kopi, dan rendang. Situs tersebut juga membagi tiga kategori penganan yang dijualnya, yaitu kategori jual snack, beragam makanan sehat, dan jual minuman segar.

Situs tersebut juga memiliki keunikan, yakni ada beberapa produk yang dijual dengan biaya kirim yang gratis.

“Sebenarnya kami menjual beragam barang keperluan, termasuk juga makanan. Untuk makanan kita menjual yang berasal dari UKM-UKM, konsentrasi kita memang produk-produk UKM,” jelas Head of Communication Bukalapak.com Yusi saat dihubungi Media Indonesia di Jakarta, Selasa (14/7).

Tidak hanya itu, Bukalapak juga menjual makanan khas daerah, sayuran, cabai, ataupun daging beku. Yusi menjelaskan untuk sayuran, cabai, dan lainnya pihaknya bekerja sama dengan Pasar Komoditi Nasional (Paskomnas) untuk menyediakan komoditas-komoditas tersebut.

“Untuk proses pengirimannya sendiri kita masih menggunakan jasa pihak ketiga dengan waktu kirim 2-3 hari sampai di pelanggan. Untuk yang memesan seperti sayuran dan cabai kita juga menjamin kesegarannya tetap terjaga meskipun dikirim dalam jangka waktu yang sama,” imbuhnya.

Yusi menjelaskan cara menjaga pesanan komoditas seperti sayur-mayur ialah setelah pemesanan dilakukan, Paskomnas langsung memilih sayuran yang baru datang di pasar yang biasanya turun ke pasar di waktu subuh, lalu dipilih yang baik, dikemas dengan baik, dan dikirimkan ke alamat pelanggan.

Bagaimana? Tertarik mencoba? (M-4; http://www.mediaindonesia.com/mipagi/read/13697/Belanja-Sayur-dengan-Ujung-Jari/2015/07/25)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close