Wisata dan Kuliner

Gandaria Tom Yam seolah berada di Bangkok

Makanan dari negeri Gajah Putih terpopuler di Indonesia adalah Tom Yam. Karena itu, makin banyak resto menyajikan makanan ini. Bukan hanya di resto ala Thailand, tapi juga resto2 lain, sering mencantumkan menu Tom Yam di daftar menunya.

Lidah orang Indonesia mudah menyesuaikan tiap rasa, banyak orang yang menggemari makanan ini. Namun berapa banyak yang pernah makan Tom Yam di negara asalnya? Anda mudah menemukan makanan ini terutama di Bangkok, Ibukota Thailand.

Ada saja yang menjual Tom Yam, dari restoran di hotel Bintang Lima, hingga kaki lima. Pada umumnya orang Indonesia senang makan sambil berbelanja. Maka tempat yang biasanya pas untuk kedua hal itu adalah di Pasar Chatu Cak.

Chatu Cak adalah pasar yang terkenal di Bangkok. Pasar ini adalah pasar Week-end, hanya buka pada hari Sabtu-Minggu. Di Pasar ini semua barang ada. Para turis selalu datang ke tempat ini untuk mendapatkan berbagai souvenir ala Thailand.

Orang-orang Indonesia banyak yang sengaja libur pekan datang ke tempat ini, sebelum ke pantai Pattaya. Harga semua jenis barang relatif murah, apalagi jika kita pandai menawar. Di samping barang2, di pasar ini tersedia aneka masakan Thailand, termasuk Tom Yam.

Kita bisa masuk ke salah satu warung tenda yang menyajikan Tom Yam. Tinggal pesan dan duduk manis di bangku kayu yang panjang. Tom Yam disajikan panas2, jadi nantinya membuat kita bercucuran keringat. Bagi yang belum kenal Tom Yam, makanan ini termasuk jenis makanan sehat.

Tom Yam adalah sup yang terdiri dari bahan-bahan segar, ada sea food (bisa udang dan tiram), ada jamur dan ada ikan. Bumbunya pun sangat medok, menggunakan bawang merah, bawang putih, cabai, terasi, serai, lemon, dan gula pasir.

Sambil menyantap Tom yam, kita bisa menyaksikan manusia2 hilir mudik di pasar Chatu Cak ini. Suasananya selalu ramai dan padat, mirip pasar Tanah Abang. Ada asongan, pedagang yang menggelar di jalan raya, dan ada yang berada di kios-kios kecil.

Kita akan tersenyum sendiri menyaksikan turis2 dengan aksinya yang macam2, mereka sebentar2 selfie bersama pedagang yang unik. Sayang kita takkan mungkin bisa sering makan Tom Yam di Bangkok. Masalahnya, berat di ongkos.

Jadi jika ingin mencicipi atau kangen makan Tom Yam suasana di Bangkok, cari resto yang menjual makanan Thailand. Di Jakarta banyak resto semacam ini. Kita tinggal pergi ke salah satu mal, yang ada resto Thailand, cari yang bermenu Tom Yam dan kawan-kawannya.

Misalnya, Thai Alley yang ada di pusat perbelanjaan Gandaria. Resto ini punya menu lengkap masakan Thailand, rasanya dijamin mak nyoss, karena chefnya orang Thailand. Jika menemukan resto itu, cari tempat duduk yang strategis atau yang memiliki ornamen khas negeri Gajah Putih.

Pesan menu kesukaan, Tom Yam. Sambil makan, bayangkan sedang di Bangkok. Bila untung, Tom Yam yang disajikan selezat yang di Bangkok. Klop, kita merasakan suasana Bangkok. Menyantap Tom Yam serasa di Bangkok. (http://wisata.kompasiana.com/kuliner/2015/04/23/makan-tom-yam-serasa-di-bangkok-740298.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close