Wisata dan Kuliner

Gerbong usang bakal jadi lokasi wisata kuliner

Jakarta – Bila Anda punya waktu luang atau berakhir pekan, mampirlah ke Purwakarta. Kota yang terkenal sate marangginya ini punya tempat wisata yang unik dan layak Anda kunjungi. Misal Taman Sri Baduga Situ Buleud, taman ini landmark Purwakarta. Ada lagi, taman bunga cantik dengan aneka bunga yang bertebaran di area kantor Bupati Purwakarta.

Tempat wisata tersembunyi juga ada di Stasiun Purwakarta, Jl. Kornel Singawinata, Purwakarta. Orang biasanya menyebut lokasi ini sebagai kuburan KA. Saat didatangi detikcom (19/12/15), kuburan KA ini merupakan gudang gerbong2 kereta yang sudah usang.

“Di sini berbagai macam gerbong dari jenis2 KA ada. Mulai yang beroperasi tahun 1950, 1960, atau 1990 ada di sini. Jadi mungkin karena sudah tak terpakai lalu disimpan di sini dan sudah reyot-reyot, jadilah pengunjung sebut namanya kuburan KA” kata salah satu petugas stasiun, Hendra.

Hendra mengatakan, gerbong kereta ini sengaja ditempatkan di stasiun karena belum adanya tempat yang memadai untuk menampung gerbong-gerbong yang sudah usang ini. Tapi keberadaan gerbong tak terpakai ini malah menarik perhatian pengunjung.

“Mereka kadang foto2, selfie, terus juga ada yang waktu itu dari kelompok pecinta KA yang mau meneliti, tapi karena gak ada ijin jadi nggak dikasih”. Saat dikonfirmasi, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi menyatakan dirinya telah bicara dengan PT KAI pengelola Stasiun Purwakarta. Gerbong sudah usang, nantinya dialih fungsikan sebagai tempat wisata kuliner dan juga pre wedding.

“Saya sudah bicara dengan Direktur Asep (PT KAI), kami ingin gerbong2 itu bisa berguna dan tak menumpuk. Kita ingin gerbong2 usang beralih fungsi,” ujar Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi.

“Misal gerbong itu jadi tempat makan stae maranggi atau kuliner2 Purwakarta lain. Saya yakin Maret 2016 hal ini terealisasi. Karena bila sudah ditata dengan baik maka stasiun tampak indah apalagi stasiun ini pintu masuk wisatawan ke Purwakarta. Kita sudah dandanin yang di luar stasiun, ibuatkan taman dsb.

Stasiun Purwakarta terletak pada ketinggian +84 m dan berada di Daerah Operasi II Bandung. Di pintu masuk stasiun terdapat patung Gatotkaca dan patung Prabu Siliwangi bersama keempat harimaunya.

Beberapa gerbong usang di Stasiun Purwakarta antara lain gerbong bekas KRL Rheostatik, BN-Holec, dan Hitachi. Ada pula gerbong bekas KRL AC seri Toyo Rapid 1000 dan Tokyo Metro 5000. (yds/fdn; http://m.detik.com/news/berita/3100063/tahun-depan-gerbong-usang-di-stasiun-bakal-jadi-tempat-wisata-kuliner-purwakarta)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close