Iptek dan Lingk. Hidup

Atasi banjir Gedebage Bandung bangun Reservoir

Bandung-Hujan berintensitas tinggi di Bandung Raya juga mengakibatkan bajir di Gedebage, Kota Bandung (13/3/16). Untuk mengatasinya, Pemkot Bandung segera membangun reservoir (penyimpanan air) di Gedebage. Sambil menunggu reservoir hadir, salah satu cara penanganan banjir di Gedebage, kini Pemkot Bandung disediakan 3 pompa di kecamatan.

“Kita siaga terus. Saya sudah bilang ke kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) secepatnya. Saya juga tanya, bagaimana soal reservoir di Gedebage, katanya lagi lelang,” ujar pria yang akrab disapa Emil tersebut, Senin (14/3/2016).

Emil optimis proyek yang berbiaya 40-60 miliar itu bisa mengurangi banjir yang sering terjadi di Gedebage. “Untuk bangun reservoir sehingga banjir Gedebage sebagian ketampung ke bawah tanah. Pemkot sedang bergerak cuma karena prosedur waktu jadi sedang disiapkan,” jelasnya.

Ditemui di Pendopo Kota Bandung, Kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan Kota Bandung Iskandar Zulkarnaen mengatakan, dua tanki raksasa yang berfungsi sebagai reservoir ini rencananya akan mulai ditanam tahun 2016 ini.

“Pak wali kota ingin dilaksanakan 2016. Kita tinggal sempurnakan perencanaannnya,” kata Zul sapaan akrabnya. Saat ini pihaknya masih harus mencoba uji kelayakan tanah. Karena nantinya tidak hanya menampung air banjir, reservoir tersebut juga akan menjadi cadangan air bersih ketika musim kemarau.

“Ini bak besar yang dimasukan ke kedalamannya bisa 100 Mt. Tapi kita belum tau kondisinya. Soil menentukan daya tampung,” jelasnya. Untuk penanggulangan banjir jangka pendek, pihak DBMP akan melakukan peninggian jembatan di Panyileukan setinggi 1-2 Mt, normalisasi sungai Cisalatri dan perbaikan saluran. Gorong2 di daerah Riung Bandung.

“Jangka pendeknya, kita tinggikan jembatan di Panyileukan. Anggarannya Rp 500Jt jadi harus kita lelangkan. Ada normalisasi sungai Cisalatri, yang dilakukan segera karena sistemnya penunjukkan langsung dengan anggaran Rp 200 juta” tandasnya. (avi/tya; http://news.detik.com/berita-jawa-barat/3164688/atasi-banjir-di-gedebage-pemkot-bandung-segera-bangun-reservoir/komentar)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close