Kesehatan

Anak2 Jepang tersehat di dunia

(merdeka.com)- Mungkin Anda pernah dengar kaum lansia di Jepang itu salah satu golongan manula dengan harapan hidup tertinggi di dunia. Hasil studi terbaru menunjukkan anak2 di Jepang termasuk yang paling sehat di dunia. Penelitian ini dipublikasikan oleh The Lancet

 

Dikutip dari Japan Insides, kesehatan anak2 di Jepang erat kaitannya dengan kebiasaan makan se-hari2 nya. Keluarga di Jepang terbiasa mengonsumsi makanan rumahan yang dimasak bernutrisi yang terukur. Rumput laut, tahu, ikan, nasi berkualitas kaya gizi merupakan santapan sehari-hari warga Jepang.

 

1-Konsumsi beras coklat

Untuk makanan pokok, anak2 Jepang selalu makan beras khas Jepang warnanya kecokelatan. Beras ini kaya air dan mengembang saat dimasak. Kandungan nutrisinya tinggi dan memenuhi kebutuhan kalori lebih optimal.

 

Menu sayuran pun langsung diolah dan menggunakan teknik khusus. Bahan-bahan yang digunakan masih segar atau sudah melalui proses fermentasi yang menjadikan nutrisinya berlipat. Hal ini membuat sajian sayuran masih memiliki nutrisi yang tinggi saat dikonsumsi.

 

2-Makan dengan tenang dan Fokus

Anak2 di Jepang terbiasa makan dengan fokus. Di SD, anak2 dibiasakan makan bersama. Mereka menyiapkan area makan sendiri di kelas layaknya ruang makan raksasa. Kebiasaan ini membuat anak2 menikmati tiap suapan dan makan dengan kesadaran tinggi. Cara ini membuat mereka kenyang lebih lama dan puas dengan yang dimakan.

 

“Bangun kebiasaan fokus dan rileks saat makan. Hal ini membuat anak makan dengan nyaman. Tunjukkan pada anak kalau makan itu menyenangkan dan rasa makanan yang disajikan begitu lezat,” ujar Tomomi Takahashi dari Kaji Sakura Nursery School di Hokkaido.

 

Yang tak kalah penting, selalu sediakan waktu untuk makan bersama. Duduk bersama di meja makan dan menikmati serta bersyukur atas sajian yang ada. Bukan hanya membuat anak lebih sehat secara fisik tapi juga psikis. (Reporter: Mutia; Tantri Setyorini; Bahan dari : Dream dan https://www.merdeka.com/sehat/anak-anak-jepang-tersehat-di-dunia-apa-rahasianya.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close