Wisata dan Kuliner

Hiu Raja Ampat yang dilindungi

(travel.detik.com)-WAISAI; Sebagai kawasan konservasi perairan, tak sedikit Hiu bisa ditemui di Raja Ampat. Buat kita yang mau menyelam di sana, ketahui dulu fakta2 berikut.

Baru2 ini ditemukan 11 bangkai Hiu tanpa kulit dan sirip yang terapung di perairan Raja Ampat oleh seorang pramuwisata. Patut disayangkan, karena peristiwa itu terjadi di Kepulauan Pam Waigeo Barat yang masuk area konservasi.

Sebelumnya, tak sedikit wisatawan ke Raja Ampat menyelam dan melihat hiu hidup liar di habitat aslinya. Dihubungi detikTravel, Jumat (23/11/2018), Awaludinnoer Conservation Science Coordinator The Nature Conservancy (TnC) membenarkan semua jenis hiu di Raja Ampat dilindungi. “Di Raja Ampat seluruh jenis hiu dilindungi, ada Perda No. 9/2012,” ujar Awaludinnoer atau akrab disapa Wawan.

Dilihat detikTravel, Perda itu mengatur tentang larangan penangkapan hiu, pari manta dan jenis ikan tertentu di kawasan perairan laut Raja Ampat. Dalam Pasal 20, barangsiapa yang menangkap ikan hiu, pari manta dan jenis ikan yang dilindungi dapat diancam pidana kurungan paling lama 6 bulan atau denda sebanyak Rp 50 juta.

Berdasar data dari TnC, kawasan perairan Raja Ampat memiliki aneka ragam biota laut tertinggi di dunia, lebih dari 550 jenis karang keras atau 75% dari seluruh jenis terumbu karang di dunia (Veron et al., 2009) dan sedikitnya 1.320 spesies ikan, termasuk lebih dari 20 jenis ikan hiu (Allen dan Erdmann, 2009).

Dijelaskan oleh Wawan, perairan Raja Ampat memiliki ber-jenis2 hiu. Semuanya dapat dijumpai di beberapa dive site populer di Raja Ampat. “Hampir semua dive site populer di Raja Ampat bisa dijumpai hiu. Yang sering dijumpai white tip, grey reef shark dan black tip,” ujar Wawan.

Sejatinya jadi tugas kita bersama menjaga-melindungi aneka biota laut di perairan Raja Ampat, termasuk hiu. Tak sulit kok, cukup melihat dan tak merusak seperti ilegal fishing dll. Jadi lah traveler  bertanggung jawab. (rdy/aff; Johanes Randy Prakoso; Bahan dari : https://travel.detik.com/travel-news/d-4314387/mengenal-hiu-di-raja-ampat-yang-dilindungi-berikut-faktanya)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close