Wisata dan Kuliner

Menyajikan Teh Terbaik Di Rumah

(republika.co.id)-JAKARTA; Di daerah2 di Indonesia, teh jadi minuman terbanyak dikonsumsi setelah air putih. Pakar teh sekaligus juri dari kompetisi Tea Masters Cup, Oza Sudewo, mengatakan minum teh bukan hanya pelepas dahaga.

 

Minum teh menurutnya sebuah pengalaman unik yang membawa seseorang lebih menikmati hidup. Untuk menghasilkan rasa terbaik, ada hal2 yang harus diperhatikan. Berikut kiat2 menyajikan teh terbaik di rumah menurut Oza.

 

1-Pilih daun teh berkualitas

Pentingnya pemilihan daun teh terbaik. Daun teh jadi modal utama menghasilkan teh terbaik. Tanpa daun teh berkualitas, jangan harap menghasilkan sajian teh nikmat. “Daun teh jelek, disajikan dengan teknik apapun tetap tidak enak. Tapi daun berkualitas bisa dieksplorasi dan disajikan optimal,” kata Oza ke Republika.

 

2-Air berkualitas

Diibaratkan air sebagai ibu dari teh sebab 97% teh kandungan teh terdiri dari air. Karenanya air yang digunakan menyeduh teh harus berkualitas baik. Dia tak merekomendasikan air yang melewati proses penyulingan untuk meracik teh. Air disuling  tidak mengandung mineral yang berfungsi mengeluarkan cita rasa otentik dari daun teh.

 

“Air dari sumber air atau jika sulit gunakan air mineral. Jangan pakai air distilasi atau yang sudah melewati proses penyulingan,” kata dia.

 

3-Peralatan memadai

Peralatan disarankan tidak muluk2. Misal siapkan penyaringan, teko, serta wadah dan gelas penyajian teh berbahan kaca atau porselen. “Jangan sesekali menyeduh teh pakai gelas atau wadah berbahan plastik, takutnya kan retak ya,” kata dia. (Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Christiyaningsih; Bahan dari : https://www.republika.co.id/berita/pv6xpw459/kiat-menyajikan-teh-terbaik-di-rumah )-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close