Iptek dan Lingk. Hidup

Arsitek Jepang membangun Starbucks Taiwan dari Kontainer2

(properti.kompas.com)-Kontainer kini jadi material favorit untuk bangunan. Peritel raksasa seperti Starbucks juga memanfaatkannya untuk depot terbarunya di Kota Hualien Taiwan. Kafe dari kontainer ini dirancang arsitek Jepang, Kengo Kuma, dengan luas 320 m2.

 

Sebanyak 29 kontainer digunakan mendirikan gedung baru setinggi 4 lantai. Penumpukan kontainer ini menciptakan ruang yang jauh lebih tinggi, serta memberi sinar matahari alami bagi pengunjung. Depot ini di halaman Hualien Bay Mall. Kafe kontainer ini satu dari 45 kafe kontainer lain yang dimiliki Starbucks. Seluruh eksterior bangunan dicat putih.

 

Ikon Starbucks yang melegenda terdapat di salah satu kontainer paling atas. Pengunjung dapat masuk melalui lobi yang terbuat dari kaca. Mereka bisa langsung menikmati suasana kafe yang dirancang dengan bilik2 terpisah. Pada jendela di lantai paling dasar digunakan sebagai area drive thru yang dapat diakses dari Jalan Nanbin.

Dari satu kontainer ke kontainer lain, pengunjung dapat menikmati pemandangan sekeliling Hualien, termasuk lanskap pegunungan di sekitarnya. Pada bagian lain ada gambar2 yang menceritakan kisah perjalanan kopi.

 

Di bangunan kontainer, pengunjung dapat menemukan ornamen2, menggambarkan budaya tradisional asli Hualien. Dinding cerah yang dicat dengan berbagai macam warna merupakan representasi Suku Amis yang memiliki sejarah panjang di kota ini.

Merancang bangunan kontainer ini pertama kali dilakukan oleh Kuma. Sebelumnya, Kengo Kuma juga pernah merancang bangunan untuk jaringan peritel Starbucks lainnya di Dazaifu, Fukuoka, Jepang.

(Artikel ini telah tayang di kompas.com; dengan judul “Dirancang Arsitek Jepang, Starbucks Taiwan dari Kumpulan Kontainer”, Penulis : Rosiana Haryanti; Editor : Hilda B Alexander; Bahan dari : Starbucks dan https://properti.kompas.com/read/2018/11/24/110000121/dirancang-arsitek-jepang-starbucks-taiwan-dari-kumpulan-kontainer )-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close