Wisata dan Kuliner

Gendang Beleq Kesenian Lombok dengan Ritual Khusus sebelum tampil

(lifestyle.okezone.com)-BERKUNJUNG ke Lombok, kurang lengkap jika tidak menyaksikan kesenian Gendang Beleq. Tradisi asli suku Sasak ini ada sejak zaman dulu dan masih bertahan hingga sekarang.

 

Gendang Beleq ini dulu ditampilkan untuk menyambut kembali warga Lombok yang ikut perang, namun kini kesenian yang bisa dimainkan hingga 40 orang atau lebih ini dipertunjukkan untuk acara pernikahan, khitanan, atau acara momentum yang ada di Lombok.

 

Bicara mengenai kesenian tradisional, rasanya tidak jauh2 dari ritual sebelum dimainkan. Hal ini berlaku untuk Gendang Beleq. Dijelaskan Ketua Gendang Beleq Keluarga Rahayu, Lombok Utara, Jatriyadi, orang Lombok percaya semua alat musik yang dimainkan di Gendang Beleq punya “penjaganya”.

 

Makanya, yang namanya ritual sebelum “show” itu benar adanya. Ya, sekali pun Jatriyadi juga menekankan bahwa kepercayaan pada Tuhan menjadi pegangan utamanya.

 

“Jadi, sebelum para anggota memainkan Gendang Beleq, kita taburi bunga dan berdoa bersama di dekat alat musiknya. Doanya tetap kepada Tuhan, tapi kita juga minta izin ke yang “punya” alat musik ini,” ucapnya pada Okezone di Mola-Mola Resort Gili Air Lombok, Pulau Gili Air, Lombok.

 

Jatriyadi menuturkan pernah suatu ketika salah satu anggotanya tidak ikut hadir dalam agenda “minta izin” tersebut. Lalu, kejadian aneh pun terjadi. “Pernah suatu ketika salah satu anggota nggak ikut (minta izin, Red), eh tiba-tiba perutnya sakit dan itu aneh banget,” tambahnya.

 

Bahkan, hal2 aneh yang pernah terjadi selain itu alat2 musik yang tidak mudah pecah, tiba-tiba pecah. Pemukul gendang yang rasanya tidak mungkin pecah saja tiba-tiba becah. “Jadi, percaya nggak percaya kita tahu memang minta izin itu jadi penting, tapi tetap minta restunya sama Tuhan,” ujar dia.

 

Jatriyadi menambahkan, karena para pemain Gendang Beleq kelompoknya semuanya Muslim, ritual lain yang biasa dilakukan adalah menghantuakan doa dan membaca surah al-fatihah sebelum tampil.

 

“Ini penting karena keyakinan kita Islam dan Allah SWT pasti akan bersama kita dalam tiap langkah,” tuturnya. (mrt; Muhammad Sukardi; Bahan dari : https://lifestyle.okezone.com/read/2018/11/24/406/1982330/mengenal-gendang-beleq-kesenian-lombok-yang-punya-ritual-khusus-sebelum-tampil)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close