Kesehatan

Ingin bahagia dan cara tingkatkan Hormon Endorfin

(jawapos.com)-Rasa senang dapat dimunculkan dengan berbagai cara. Misalnya dengan merangsang pertambahan hormon endorfin di dalam tubuh.  Hormon ini diyakini mampu meningkatkan harapan hidup manusia untuk dapat berumur panjang karena merasa bahagia.

 

Tiap manusia memiliki hormon ini sejak lahir. Hormon ini juga dapat diproduksi dengan mudah, salah satunya lewat minum kopi dan makan cokelat.  Pakar Kecantikan Arum Dalu Spa dr. Juliana Pateh menjelaskan selain penambah stamina dan energi, meminum kopi merangsang hormon endorfin.

 

Endorfin itu hormon kebahagiaan berkhasiat memperkuat daya tahan tubuh, menjaga sel otak tetap muda, melawan penuaan, menurunkan agresivitas dalam relasi antar manusia, meningkatkan semangat, daya tahan dan kreativitas. Hormon ini diproduksi kelenjar pituiary yang terletak di bagian bawah otak.

Tidak hanya lewat makanan, endorfin juga dapat ditingkatkan dengan tertawa lepas bersama teman2. Hormon endorfin juga meningkat drastis saat jatuh cinta.  Hormon ini bertindak seperti morfin, bahkan 200x lebih besar efeknya. Berkat hormon ini kita merasa senang dan nyaman dan penuh semangat.

 

Kalau jika Anda memiliki asam lambung dan tidak bisa minum kopi? Juliana sarankan kopi jenis capucino atau campuran dengan karamel dan susu dapat jadi pilihan. Sebaliknya pengidap penyakit maag harus menghindari menyeruput minum kopi jenis espresso. (cr1/JPG; Bahan dari : https://www.jawapos.com/kesehatan/31/10/2016/ingin-bahagia-tingkatkan-hormon-endorfin-dengan-cara-ini)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close