Kesehatan

5 cara menjaga Tekanan Darah

(1health.id)- Hipertensi (Tekanan darah tinggi) bukan hal yang bisa dianggap sepele. Tekanan darah yang terlalu tinggi identik dengan masalah2 kesehatan yang dapat mengancam jiwa. Untuk itu, sangat penting menjaga tekanan darah.

 

Terdapat banyak cara alami yang bisa dilakukan untuk mengontrol tekanan darah. Jadi tanpa menggunakan obat2an, Anda tetap mampu menjaga tekanan darah. Berikut ini cara2 ampuh yang dapat dilakukan untuk menjaga tekanan darah Anda tetap pada batas normal.

 

1-Pertahankan Berat Badan
Berat badan adalah penentu utama tekanan darah. Untuk itu Anda harus mempertahankan Indeks Massa Tubuh pada batasan normal. Perbedaan BMI yang sedikit saja dapat membuat perbedaan besar terhadap tekanan darah seseorang. Usahakan Anda memiliki nilai BMI di bawah 25. Cara menghitung BMI dapat Anda lakukan dengan cara, BMI = Berat Badan (KG)/ [Tinggi badan x Tinggi Badan (M)].

 

2-Berolah Raga
Usahakanlah untuk rutin melakukan aktivitas yang membuat Anda berkeringat setiap hari. Setidaknya, Anda membutuhkan 150 menit intensitas berolahraga dalam seminggu, untuk memiliki tubuh yang sehat. Dengan memiliki tubuh sehat, Anda akan sukses mempertahankan tekanan darah Anda.

 

3-Kurangi Garam
Kebanyakan orang yang mengalami masalah darah tinggi diketahui mengonsumsi lebih banyak garam dari jumlah yang dibatasi. Untuk itu, demi menjaga tekanan darah, sangat disarankan Anda harus membatasi konsumsi garam, maksimal setengah sendok teh perhari.

 

4-Tingkatkan Konsumsi Probiotik
Mengonsumsi probiotik sehat yang biasanya dari yoghurt dan makanan2 fermentasi lain, dipercaya  menurunkan darah sistolik sebanyak 3,6 poin dan diastolik sebanyak 2,4 poin. Untuk itu, demi menjaga tekanan darah tetap normal, cobalah untuk rutin mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik.

 

5-Berhenti Merokok
Meski pengaruh rokok tak terlalu besar dalam peningkatan tekanan darah, tapi rokok menumpulkan indera perasa seseorang. Sehingga perokok cenderung mengonsumsi lebih banyak garam dan hal itu dapat meningkatkan masalah tekanan darah. Untuk itu, ada baiknya Anda berhenti merokok mulai sekarang. (Article By Rianti Fajar; Bahan dari : https://www.1health.id/id/article/category/sehat-a-z/5-cara-ampuh-menjaga-tekanan-darah.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close